Jaga Potensi Laut, Babinsa Komsos Bersama Nelayan di Kelurahan Sukaraja



BANDAR LAMPUNG — Untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, upaya membangun Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga wilayah binaan terus dilakukan Babinsa. 

Seperti dilakukan oleh Serka Wardiono anggota Koramil 02 Teluk Betung Selatan (TBS) Kodim 0410/KBL yang melaksanakan Komsos bersama nelayan Kelurahan Sukaraja Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung, pada Senin (22/11).

Serka Wardiono menceritakan, apa yang dilakukanya sebagai bentuk kepedulian dan cara seorang Babinsa dalam membangun hubungan emosional dengan warga wilayah binaan.

“Komsos yang saya lakukan ini bertujuan untuk memberikan sentuhan moril, guna memotivasi nelayan agar bersama-sama menjaga kelestarian laut sebagai mata pencarian para nelayan. Dengan tidak melaksanakan tindakan-tindakan yang dilarang, seperti mencari ikan dengan pukat harimau dan bom ikan, yang dapat merusak terumbu karang dan potensi ikan di laut,” ungkapnya.

Lebih lanjut, sebagai prajurit TNI yang bertugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa), dirinya selalu hadir di tengah masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan untuk membangun kebersamaan dalam menciptakan ketahanan wilayah yang kuat, ujarnya.

"Sebagai ujung tombak Satuan Komando Kewilayahan, seorang Babinsa wajib memiliki kemampuan komunikasi sosial dengan seluruh komponen masyarakat di wilayah binaanya, sehingga melalui komunikasi tersebut Babinsa dapat mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam perencanaan, penyiapan dan apa yang diinginkan oleh pemerintah sebagai program unggulan, untuk mensejahterakan masyarakat," ujarnya.

Disamping itu, Babinsa juga mensosialisasikan protokol kesehatan dan vaksinasi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan dalam melindungi diri, keluarga maupun orang sekitarnya.

“Kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker apabila kegiatan di luar rumah dan selalu mencuci tangan dengan sabun sesudah dan sebelum beraktivitas untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya. [Sur]

Posting Komentar

0 Komentar