Sukau Diguyur Hujan Deras, Tengah Malam Rumah Salah Satu Warga Diterjang Tanah Longsor



GK, Lampung Barat - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Sukau sejak Kamis siang hingga tengah malam mengakibatkan bencana alam.

Satu unit rumah warga di Pemangku Karya Jaya Pekon Buay Nyerupa, Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat, rusak akibat diterjang tanah longsor, Jumat (1/12/2023) dini hari pukul 00.30 WIB.

Rumah yang diterjang longsor milik Bahrudin (68), dirumah tersebut dihuni oleh Barudin bersama istri, anak dan cucunya.


Sudirman anak Bahrudin menyampaikan, bahwa longsor sudah mulai terjadi sejak sore hari namun puncaknya terjadi di pertengahan malam sewaktu orang-orang telah terjaga.

"Hujan dari kemarin siang, karena derasnya sehingga sore sudah mulai longsor, namun longsor besarnya terjadi semalam sekitar pukul 00.30 wib," kata Sudirman.


Warga sekitar membantu mengevakuasi barang-barang milik terdampak longsor dan membersihkan tanah longsor yang menerjang sisi rumah hingga bagian kamar dan tiang penyangga mengalami kerusakan.

Surya Al Pajri yang juga merupakan Pimpinan Redaksi media Gariskomando.com, kebetulan berada dilokasi terdampak longsor dan membantu proses evakuasi. Disela waktunya, dirinya meminta kepada pihak terkait yakni BPBD Lampung Barat, untuk segera turun membantu korban yang terdampak bencana alam ini.

"Beruntung tidak ada korban jiwa mengingat kejadiannya dini hari tadi sekitar pukul 00.30 WIB. namun kerugian materil rumah yang terbuat dari bangunan kayu tersebut diperkirakan Rp.5 juta," jelas Surya.

Masih menurutnya, "Kita mengharapkan pihak BPBD segera turun, melihat dan membantu keluarga kita yang terdampak longsor, karena diperkirakan jika hujan turun lagi dengan intensitas tinggi di lokasi, kemungkinkan longsor susulan akan terjadi," pungkasnya. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar