Peringati Hari Sumpah Pemuda, KNPI Kota Balam Ajak Kedepankan Persatuan


GK, BANDAR LAMPUNG - Momentum peringatan hari sumpah pemuda, Ketua DPD KNPI Kota Bandarlampung Fitrah Abung M berpesan, agar pemuda-pemudi tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan serta tetap menjaga kolaborasi dengan sesama kelompok pemuda. 

Menurut Fitrah, rasa persatuan dan kesatuan ini tertuang didalam tiga butir sumpah pemuda. Tiga butir itu membicarakan tentang tanah air, bangsa dan bahasa. 

Ketiga butir ini menurut Fitrah mencerminkan persatuan. Oleh karena itu, ia mengajak anak-anak muda terutama di Bandarlampung agar tetap menjaga rasa persatuan. 

Pesan ini disampaikan oleh Fitrah seusai KNPI Kota Bandarlampung melaksanakan Apel dan Ziarah Kubur di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjung Karang, Lampung, dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, Sabtu (28/10/2023).

Fitrah mengatakan, alasan ziarah ke Makam Pahlawan ini, agar pengurus DPD KNPI, baik Kota Bandarlampung maupun pengurus KNPI Kecamatan dapat memaknai peringatan hari sumpah pemuda dan meningkatkan rasa persatuan sesama pengurus KNPI. 

Ditempat yang sama, Sekretaris KNPI Kota Bandarlampung Een Riansah menambahkan, peringatan hari sumpah pemuda harus dijadikan sebagai refleksi terutama oleh anak muda. 

Merefleksikan itu, sedari definisi anak muda, sebab kata Een, pengertian anak muda jangan hanya dipahami sebagai persoalan biologis. Tetapi anak muda adalah sekumpulan ide dan gagasan yang kemudian membentuk sebuah imajinasi. 

"Imajinasi inilah yang akan menuju Indonesia yang baik, adil dan sejahtera. Hal ini semestinya dimiliki oleh anak muda," ujarnya.

Selain itu, Een juga menaruh pesan kepada anak-anak muda agar tetap mengedepankan persatuan ditengah proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

"Kelompok-kelompok anak muda, harus menyuarakan gagasan dan persatuan di Pemilu ini. Jangan sampai sesama anak bangsa terpecah belah hanya karena agenda lima tahunan (Pemilu)," pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua Pelaksana dalam kegiatan ini Amsyar Riendika mengatakan, ziarah ke makam pahlawan merupakan kegiatan pembuka dari serangkaian agenda yang telah dirumuskan oleh panitia pelaksana. 

"Tangal 28 Oktober 2023 ini sebagai kegiatan pembuka, memperingati hari sumpah pemuda dengan apel pagi di Makam Pahlawan dan Tabur Bunga. Selanjutnya akan mengadakan orasi ilmiah dan pembacaan puisi yang dijadwalkan akan selesai pada 18 November 2023," ujarnya. 

Dia menambahkan, pada malam puncak akan ada kegiatan Mobile Legend yang bekerja sama dengan Esport dan Esse. Selanjutnya ada perlombaan catur untuk umum. 

Pada malam puncak itu juga, kata dia, akan ada pembagian hadiah kepada juara-juara yang memenangi perlombaan dan sekaligus rangkaian acara momentum peringatan hari sumpah pemuda akan ditutup. [Red]

Posting Komentar

0 Komentar