Bupati Tanggamus Beserta Kadis BMBK Provinsi Lampung Tinjau Jalan Provinsi Ruas Simpang Kiluan


GK, Kelumbayan
– Pj. Bupati Tanggamus Ir. Mulyadi Irsan, MT., bersama Plt. Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung Ir. Taufiqulloh melakukan kunjungan kerja ke empat kecamatan di Kabupaten Tanggamus, Sabtu (7/10/23). 

Turut mendampingi, Kepala Dinas PUPR Tanggamus Riswanda Djunaidi, Kepala Bapperida Tanggamus Hendra Wijaya Mega, Camat Kelumbayan Derius Putrawan, serta jajaran Dinas BMBK Provinsi Lampung dan Dinas PUPR Kabupaten Tanggamus. 

Rombongan mengawali kunjungannya dari titik nol ruas jalan Simpang Kiluan – Kotaagung Timur. Disela kunjungannya rombongan juga mengunjungi Teluk Kiluan dan Pantai Gigi Hiu.  Dikedua objek wisata ini Pj Bupati Tanggamus selain melihat potensi wisata yang menjadi unggulan pariwisata di Provinsi Lampung ini, juga berinteraksi dengan wisatawan yang datang dan menanyakan kesan dan keluhan yang mungkin dirasakan dalam kunjungan wisatanya. Pj. Bupati juga memberikan arahan kepada aparatur pekon dan pengelola wisata setempat agar lebih meningkatkan paket dan layanan wisata yang diberikan. Terutama dalam hal keamanan dan kenyamanan wisatawan. 

Kunjungan dilanjutkan dengan melihat kondisi di sepanjang ruas jalan yang memang kondisinya memprihatinkan, karena hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua atau mobil dengan penggerak empat roda. 

Menjelang tengah hari Pj Bupati dan rombongan singgah di kediaman tokoh masyarakat Kelumbayan, yakni Suntan Syah Bandakh Marga di Pekon Negeri Kelumbayan. Ditempat ini selain mendapatkan jamuan makan siang dengan menu khas Kelumbayan, yaitu ikan cubik dan sop nibung. Pj. Bupati Tanggamus dan Plt. Kadis BMBK juga melakukan interaksi dengan para Kepala Pekon se Kecamatan Kelumbayan dan Kelumbayan Barat, serta para tokoh dan segenap masyarakat Kelumbayan.  

Dalam sambutanya, Pj. Bupati mengatakan bahwa ini adalah kunjungan pertama dirinya ke 20 kecamatan di Kabupaten Tanggamus. Yang akan menjadi agenda beliau untuk berkunjung ke 20 kecamatan se Kabupaten Tanggamus. 
“Untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, agar lebih kenal dengan alamnya, kenal dengan warganya, insya Allah mendengar apa yang menjadi kebutuhan mendesak terhadap pembangunan di kabupaten Tanggamus,” katanya. 

Lebih lanjut dirinya mengatakan, bahwa di seluruh wilayah Lampung sudah terhubung antar pekon, antar kecamatan, antar kabupaten. Hanya dari Kiluan sampai Kotaagung ini yang masih tertunda. 
“Insya allah nanti kita bersama-sama dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Lampung dan juga Pemerintah Kabupaten Tanggamus, mewujudkan jalan tersebut. Tak lupa kita berdoa agar rencana kita dan niat baik kita ini dimudahkan, karena memang jalan ini adalah trigger dalam pembangunan,” terangnya. 

“Jadi kita akan bersama-sama dengan masyarakat untuk meningkatkan kembali pembangunan di Kelumbayan. Ibu Dewi dan Pak Haji Syafii sudah berbuat yang terbaik di Kelumbayan, insya Allah nanti apa yang menjadi kekurangan untuk melengkapi hasil pembangunan dari kepala daerah sebelumnya kita akan lanjutkan, akan kita tingkatkan. Agar kedepan Kelumbayan akan sama dengan Sumberejo, Ulubelu dan kecamatan yang lainnya,” imbuhnya.

Pj Bupati melanjutkan, prasarana transportasi jalan sangat dibutuhkan untuk menggerakkan ekonomi di wilayah Kecamatan Kelumbayan sampai ke Kotaagung. 

“Jadi tujuan utama kami kesini yang paling utama adalah mendorong terhubungnya antara Kiluan dengan Kotaagung. Kenapa? karena memang di Kotaagung itu ada Kawasan Industri Maritim yang saat ini memang belum bisa beroperasi secara maksimal.” 

“Kawasan industri ini dulu digagas oleh Bupati sebelumnya, yaitu Pak Bambang. Beliau yang mendorong bagaimana ada pengungkit terhadap ekonomi, karena yang akan menikmati semuanya adalah masyarakat Tanggamus,” tandasnya.

Pj. Bupati juga mengajak segenap elemen di Kecamatan Kelumbayan untuk bangkit dan mengembangkan potensi alam yang ada, agar petani, nelayan dan masyarakat lebih maju dan sejahtera. Salah satunya adalah dengan meningkatkan  pemanfaatan Kartu Petani Berjaya (KPB) sebagai salah satu program Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam rangka memfasilitasi petani dan nelayan dalam melaksanakan aktifitasnya, sehingga petani dan nelayan terbantu untuk mendapatkan akses yang mudah dan murah untuk bibit atau pupuk serta pemasaran. Termasuk untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Selanjutnya Plt. Kepala Dinas BMBK Provinsi Lampung, Taufiqulloh dalam sambutannya meyampaikan bahwa aspirasi dari masyarakat Kelumbayan untuk pembangunan ruas jalan Simpang Kiluan – Simpang Umbar telah disampaikan oleh Camat beserta Kepala Pekon dan tokoh masyarakat Kelumbayan beberapa waktu yang lalu. Oleh karena itu pihaknya bersama Pj Bupati Tanggamus merasa perlu melakukan survey langsung, dalam rangka memastikan kondisi jalan yang diusulkan tersebut, untuk selanjutnya dimasukkan kedalam rencana pembangunan pada tahun 2024. 

“Yang memang harus kita perbaiki. Tanpa jalan bagaimana ekonomi mau tumbuh. Jalan adalah urat nadi ekonomi, ketika jalan bisa kita perbaiki, aksebilitas bisa kita perbaiki, lalu lintas bisa lancar maka ekonomi akan tumbuh. Untuk pembangunan ruas jalan yang diusulkan ini akan kami masukkan kedalam rencana pembangunan di tahun 2024. Mudah-mudahan dapat direalisasikan sesuai dengan harapan masyarakat Kelumbayan,” tandasnya.  

Sementara Camat Kelumbayan Derius Putrawan, menyampaikan bahwa atas nama masyarakat Kecamatan Kelumbayan, dirinya mengucapkan terima kasih sekaligus merasa sangat senang dan bersyukur bahwa usulan masyarakat Kelumbayan telah mendapatkan perhatian dan tindak lanjut dari Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pj. Bupati Tanggamus dan Bapak Kepala Dinas BMBK Provinsi Lampung atas kunjungan yang dilakukan di Kecamatan Kelumbayan, dalam rangka memastikan kondisi jalan yang ada di Kecamatan Kelumbayan, untuk selanjutnya menjadi bahan pertimbangan dalam pembangunannya.” 

“Kami juga berharap kepada Gubernur Lampung Bapak Arinal Djunaidi melalui Dinas BMBK Provinsi Lampung, agar apa yang menjadi harapan masyarakat Kelumbayan, dapat direalisasikan pada tahun 2024 mendatang,” harap Derius. 

Kunjungan dilanjutkan oleh rombongan ke Puskesmas Rawat Inap Kelumbayan serta sepanjang ruas jalan Simpang Kiluan – Simpang Umbar – Putihdoh – Kuripan – Kotaagung Timur. Demikian juga sejumlah ruas jalan kabupaten yang perlu mendapatkan penanganan segera, diantaranya badan jalan kabupaten yang longsor di pekon Paku. Untuk selanjutnya menjadi bahan evaluasi oleh Pemerintah Kabupaten Tanggamus dan Pemerintah Provinsi Lampung. 

Turut menyambut dan mendampingi rombongan Pj Bupati di sepanjang jalan yang dilalui di wilayah kecamatan masing-masing, yakni Camat Cukuhbalak Alsep Rizam, Camat Limau Yusef, Anggota DPRD Tanggamus Erlan Adianto dan Camat Kotaagung Timur Ilham Nurmay beserta seluruh jajaran dan Kepala Pekon setempat.  (Arman)

Posting Komentar

0 Komentar