Police Goes To Campus Di IBN, Polres Pringsewu Ajak Mahasiswa Menjadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas


GK,Lampung Selatan - Satuan Lalu Lintas Polres Pringsewu Polda Lampung menyelenggarakan program Police Goes To Campus di Institut Bhakti Nusantara (IBN) Pringsewu. kegiatan ini dipimpin langsung Kasat Lantas AKP Khoirul Bahri, SH.

Kasat Lantas AKP Khoirul Bahri menyampaikan bahwa Program kepolisian bertajuk Police Agoes To Campus sebagai salah satu upaya Polri dalam membina dan mengedukasi kalangan mahasiswa dan civitas akademika lebih tertib dalam berlalu-lintas.

Menurut Kasat Lantas, Polri khususnya Satuan Lalulintas memiliki tanggungjawab di bidang Lalu-lintas yang meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan dalam pengendalian Lalu-lintas untuk mencegah dan meniadakan segala bentuk gangguan serta ancaman agar terjamin keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran Lalu-lintas di jalan umum. 

"Police Goes To Campus adalah sebuah program yang bertujuan meningkatkan pemahaman mahasiswa dan civitas akademika dalam berlalu lintas. Dalam program ini Polisi menekankan bahwa dalam berlalu lintas tidak hanya mementingkan keselamatan diri sendiri tapi juga harus mementingkan keselamatan orang lain, oleh karena itu harus ada etika berlalulintas yang dipatuhi bersama," ujar Kasat Lantas saat Saat ditemui awak media di kampus IBN pada Rabu (15/3/2023) siang

Khoirul juga mengatakan, selain faktor etika, yang tidak kalah penting harus dipahami oleh masyarakat adalah memahami peraturan yang berlaku, melakukan safety riding, melengkapi kendaraan dengan dokumen yang lengkap.

"Setiap pengemudi juga harus memiliki Surat Izin Mengemudi yang sesuai dengan jenis kendaraannya," jelasnya.

Kasat Lantas mengungkapkan, bahwa pelaku pelanggaran dan juga korban kecelakaan hingga saat ini masih didominasi kalangan pelajar dan mahasiswa. Oleh karena itu melalui Program Ini dirinya berharap bisa menambah wawasan mahasiswa untuk lebih   tertib berlalu lintas.

"Sehingga angka pelanggaran dan kecelakaan serta fatalitas korban kecelakaan lalu lintas bisa menurun," ungkapnya.

Agar hal itu bisa terwujud, Kasat Lantas mengajak mahasiswa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas yang dapat mengajak masyarakat pengguna jalan lainnya untuk merubah perilaku belum tertib menjadi perilaku tertib berlalu lintas berkeselamatan.

"Program Police Goes To Campus ini akan terus kami masifkan dalam membangun budaya tertib berlalu lintas bagi semua pihak, khususnya mahasiswa dan mahasiswi." Tandasnya 

Untuk diketahui kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 Wib tersebut dihadiri Rektor IBN, Dr. Fauzi beserta civitas akademika dan juga 100 mahasiswa. [Feby]

Posting Komentar

0 Komentar