HUT Pertama, Konsentris Diskusikan Independensi Media-Kepentingan Publik HUT Pertama, Konsentris Diskusikan Independensi Media-Kepentingan Publik
Portal Garis Komando (gariskomando.com) adalah website Pemberitaan (News) yang dikemas secara umum namun didominasi dengan berita TNI/Polri. | Portal Garis Komando berdasarkan ide demi meningkatkan citra baik TNI/Polri dan mewujudkan kepuasan Masyarakat terhadap TNI/Polri. | KAMI JUGA MENERIMA PESANAN PEMBUATAN RILIS BERITA, ARTIKEL, PROFIL, CERITA, DAN LAIN SEBAGAINYA DENGAN HARGA VARIATIF. SILAHKAN HUBUNGI NOMOR 0896 1900 1005 (TELEPON DAN WHATSAPP).

Garis Komando

HUT Pertama, Konsentris Diskusikan Independensi Media-Kepentingan Publik

 


GK,LAMPUNG –
Media nirlaba _Konsentris.id_ akan menggelar diskusi publik bertajuk “Independensi Media dan Kepentingan Publik”. Diskusi dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Konsentris itu bertempat di Kafe Maharindu, kompleks Universitas Lampung (Unila), Gedongmeneng, Bandar Lampung, Kamis, 14/7/2022, pukul 16.00-18.00 WIB. 

“Konsentris genap berusia satu tahun pada 4 Juli lalu. Jadi, kegiatan ini semacam merayakan hari kelahiran,” kata Ketua Panitia M Yoga Nugroho, Rabu, 13/7/2022. 

Yoga mengatakan, pemilihan topik diskusi tersebut berangkat dari persoalan. Secara teori, media dituntut bersikap independen. Namun, praktik yang terlihat tidak demikian. Persoalan independensi itu cenderung bersinggungan dengan ketergantungan iklan. Hal ini bisa memengaruhi kepercayaan publik yang akan menurunkan kualitas demokrasi. 

Selain independensi, isu kepentingan publik yang diusung media perlu diperbincangkan. Riset Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung pada Agustus 2021, tiga surat kabar menjadi corong pemerintah terkait pandemi Covid-19 pada masa PPKM Darurat di Bandar Lampung. Masyarakat yang menjadi sasaran dalam kebijakan PPKM Darurat kurang mendapat ruang. Padahal, dalam bekerja, media seyogianya berkiblat pada kepentingan publik.

“Karena itulah, _Konsentris_ memandang penting untuk mendiskusikan independensi media dan kepentingan publik. Media sebagai pilar demokrasi memiliki peran kunci dalam menjaga hak-hak publik,” ujarnya.

Yoga menambahkan, diskusi publik tersebut akan menghadirkan tiga pembicara. Mereka adalah akademisi Unila Fuad Abdulgani, aktivis senior Penta Peturun, dan editor _Konsentris.id_ Hendry Sihaloho. Nantinya, diskusi dipandu Derri Nugraha, jurnalis _Konsentris.id_.

“Kualitas demokrasi berkelindan dengan kualitas jurnalisme. Mari bertukar pikiran dan gagasan pada diskusi, besok,” kata Yoga.(*) [Melati]

Narahubung:

M Yoga Nugroho (081332465532)

Posting Komentar

0 Komentar