TNI-POLRI dan Tim SAR BPBD Kab. Lampung Barat evakuasi korban pendaki gunung seminung yang tersambar petir


GK, Lampung - Indonesia seharusnya Lampung Com Lampung Barat--Polres Lampung Barat Polda Lampung bersama TNI dan Tim SAR BPBD Pemkab Lambar berhasil mengevakuasi pendaki gunung yang menjadi korban tersambar petir di Gunung Seminung Pekon Teba Pring  Kec. Sukau Kab. Lampung Barat, Minggu (30/04/2023).


Adapun hasil Inventarisasi Pendaki berjumlah keseluruhan yang semula sebanyak 58 orang menjadi 90 orang dengan melalui 2 Pos Jalur pendakian.


Diantaranya 73 Orang naik dan mendaki melalui jalur Pos Pekon Teba Pring raya Kec. Sukau Kab Lambar. Sedangkan 17 orang pendaki naik melalui Jalur Pos air panas Desa Kota Batu Kec. Warkuk Ranau selatan Kab. Oku selatan Prov Sumatra Selatan. 



Pendaki yang mengalami korban jiwa yaitu satu orang meninggal dunia bernama Abdal reka anggara (18), warga Desa Terean Kec. Mekakau ilir  Kab. Oku selatan. 


Dua orang pendaki mengalami luka berat bernama Adi yusuf saputra (23) , warga mekakau ilir Oku selatan dan Andika (18), warga  Kec. Punggur Kab. Lampung tengah


Kemudian tiga orang pendaki mengalami luka sedang diantaranya Heru (23), Wawan (23) dan Erlanda (21) yang ketiganya merupakan warga 

Ogan Komering Ulu Selatan.


Kapolres Lampung Barat Akbp Heri Sugeng priyantho,S.IK.,MH yang terjun langsung ke tempat kejadian mengatakan bahwa sebanyak 90 orang mengikuti kegiatan Pendakian gunung seminung Jalur Pendakian dari Kota batu Kec. Warkuk Kab. Oku Selatan Sumsel dan  Pekon Teba Pering Raya Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung barat.


Akibat adanya Intensitas Curah Hujan yang cukup tinggi di wilayah Kecamatan Sukau dan sekitarnya disertai petir mengakibatkan pendaki tersambar petir dan mengalami luka bakar. Sehingga pada pukul 06.00 Wib korban baru bisa di Evakuasi untuk dibawa ke Puskesmas Buay Nyerupa Sukau menggunakan Ambulans Puskesmas Buay Nyerupa kecamatan Sukau untuk dilakukan tindakan medis," ungkap Kapolres.


Kapolres yang juga didampingi dari Tim SAR BPBD Kab Lambar, Kapolsek Balik bukit Iptu Arnis daely, Kasat lantas Iptu David pulner, Kasat Reskrim Iptu Juherdi sumandi, Tim Inafis Polres Lambar beserta Tim dari Kabupaten Oku Selatan melakukan pengecekan terhadap pendaki yang menjadi korban tersambar petir.


Akbp Heri, selaku Kapolres Lampung Barat juga mengatakan bahwa " untuk sementara waktu pendakian di gunung Seminung di tutup. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya korban jiwa, karena perlu diketahui saat ini intensitas hujan cukup tinggi sehingga dapat membahayakan para pendaki.(Feby)

Posting Komentar

0 Komentar