Polres Way Kanan Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2022


 GK, Lampung - Polres Way Kanan bersama Kodim 0427/WK dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan  menggelar Apel Siaga dalam rangka kesiapan mengantisipasi bencana alam bertempat di Mako Polres Way Kanan. Senin (10/10/2022).  

Kegiatan dihadiri Kapolres Way Kanan AKBP Teddy Rachesna,  Dandim 0427/WK Letkol Inf. Charluly Rudi Jatmiko, Kepala BPBD Way Kanan, Pejabat Utama, para Kapolsek  dan personel gabungan TNI, Pori, Damkar, Pol PP dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Way Kanan.

Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Way Kanan, AKBP Teddy Rachesna, dalam sambutannya  menyampaikan Apel Gelar ini dilaksanakan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan Bencana Alam yang ada di Wilayah Kabupaten Way Kanan.

Kapolres mengucapkan  terima   kasih kepada segenap stake holders dan tamu undangan atas kehadirannya pada apel kesiapsiagaan penanganan bencana tahun 2022 hari ini dan berharap sinergitas yang telah terjalin selama ini dapat terus ditingkatkan.

Bencana alam dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, sebagai langkah antisipasi,  perlu kesiapan dari seluruh unsur,  mulai dari pemerintah, Jajaran TNI /Polri, BPBD serta Stakeholder. 

Mendasari peringatan yang  disampaikan  oleh BMKG,  bahwa  curah  hujan  tinggi terjadi  di beberapa wilayah yang ada di indonesia pada awal oktober 2022 ini, dan untuk wilayah Sumatra diprediksi curah hujan dengan kategori menengah. 

Walaupun demikian sebelum terjadinya bencana di wilayah Kabupaten Way Kanan dan tidak  mengurangi  kesiapsiagaan  dalam penanganan bencana, utamanya banjir, angin puting beliung dan  tanah longsor yang dapat menimbulkan bahaya.

Kita semua harus benar-benar memastikan kesiapsiagaan satuan tugas (satgas), kesiapan peralatan, ketersediaan bahan pangan  serta kebutuhan yang diperlukan dalam mengantisipasi terjadinya bencana

Sementara apel siaga ini diselenggarakan dengan tujuan agar ada sinergi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai kemungkinan resiko terjadinya bencana alam. 

Meski demikian, kita tentunya berharap agar tidak ada bencana yang terjadi di Kabupaten Way Kanan. apel siaga bencana ini juga digelar dalam rangka meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi musim penghujan serta untuk memberikan pemahaman penanganan bencana kepada para pemangku kepentingan dan relawan.


Apel gelar pasukan ditutup Kapolres Way Kanan dan diakhiri dengan pemeriksaan peralatan dalam pemeriksaan peralatan, Unit Satsamapta Polres Way  Kanan menjelaskan fungsi - fungsi peralatan tanggap bencana kepada Kapolres, Dandim berserta tamu undangan.[Melati]

Posting Komentar

0 Komentar