Siap Amankan Lebaran, Polresta Bandar Lampung Gelar Lat Pra Ops Ketupat Krakatau-2023


GK, Bandar Lampung - gelar Lat Pra Ops Ketupat Krakatau 20223 di Aula Patria Tama Mapolresta Bandar Lampung, Sabtu (15/4) pagi.
Giat Lat Pra Ops yang digelar dipimpin langsung Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Ino Harianto, S.I.K, M.M.  dengan didampingi Kabag Ops Kompol Oskar Eka Putra dan kasat Lantas AKP M.Rohmawan serta dihadiri para Kasat dan Kapolsek Jajaran serta Seluruh Kapospam dan Kaposyan Operasi Ketupat Krakatau 2023 Polresta Bandar Lampung.
Dalam sambutannya Kombes Ino mengatakan giat tersebut dilaksanakan untuk menyatukan persepsi sebelum melaksanakan tugas di lapangan dimana dilaksanakan selama 14 hari mulai dari tanggal 18 April 2023 hingga 01 Mei 2023.
“Operasi Ini Adalah Operasi Kemanusiaan yang rutin kita laksanakan, namun kita harus bisa melihat situasi kondisi perubahan saat ini sehingga kita harus segera sikapi, sehingga rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat yang ada di kota bandar lampung maupun yang melintas di Kota Bandar Lampung”

Kemudian dimana mulai dari pusat, Pemerintah memajukan liburan jelang hari raya dengan menimbang padatnya jumlah pemudik yang diperkirakan. Untuk itu aktifitas mudik bisa maju, maka kita selaku penjaga atau petugas yang berjaga mengamankan di lapangan harus lebih dulu mendahului dan kita harus siap mengamankannya,” ungkapnya.

Ia menuturkan, pihaknya berharap giat yang akan dilaksanakan kiranya dapat memupuk sinergitas dan kekompakan saat melaksanakan tugas di pos-pos seperti tahun-tahun sebelumnya yang sudah berjalan.
“Kapolresta perintahkan kepada seluruh anggota yang ditugaskan agar melaksanakan tugas selama 14 hari mulai dari tanggal 18 April sampai dengan 1 Mei 2023, harus bisa dirasakan oleh masyarakat, kehadiran Pos Pengamanan jelang Idul Fitri tersebut. Para Kapolsek silahkan disiapkan perencanaan pembangunan pos semenarik mungkin agar petugas yang berjaga menjadi nyaman dan masyarakat yang melihatpun turut merasakan suka cita di hari raya,” imbuhnya.
Ditempat yang sama, Kabag Ops Polresta Bandar Lampung Kompol Oskar memaparkan maksud dan tujuan latihan pra operasi yang dilaksanakan untuk menginventarisir kemungkinan atas potensi ancaman dan gangguan Kamtibmas yang akan terjadi selanjutnya untuk membuat suatu rencana kegiatan dan pengamanan sebagai langkah antisipasi dan pengamanan secara bertahap.
Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan rencana operasi Ketupat Krakatau 2023 Polresta Bandar Lampung oleh Kabag Ops terkait tugas pokok, konsep, strategi dan sasaran operasi serta cara bertindak juga prediksi ancaman saat jelang maupun pelaksanaan hari raya Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah kemudian diskusi antara para peserta yang hadir terkait rencana pengamanan yang akan dilaksanakan.
Sementara itu Pos Ketupat Krakatau 2023 Polresta Bandar Lampung mendirikan total 9 Pos Ketupat diantaranya :
1. Pos Pam Sukamaju
2. Pos Pam Ryachudu
3. Pos Pam Baruna Panjang
4. Pos Pam Tugu Radin Intan
5. Pos Pam BKP Kemiling
6. Pos Pam Lematang
7. Pos Yan Terminal Rajabasa
8. Pos Yan Ramayana
9. Pos Yan Pelabuhan Panjang

Nantinya Pos ini akan diisi oleh Personil Gabungan Baik dari Polri dengan dibantu TNI dan Pemkot Bandar Lampung.(red)

Posting Komentar

0 Komentar