Peserta Didik Baru Antusias Dengarkan Pengarahan Kapolsek Jati Agung Dalam MPLS


GK, Lampung Selatan - Semangat kegembiraan dan antusiasme menghiasi hari pertama siswa baru di SMAN 1 Jati Agung saat mereka disambut oleh kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dihelat dengan penuh semangat dan sukacita. MPLS tahun ini bertujuan untuk memberikan pengenalan menyeluruh terhadap lingkungan sekolah yang baru, memberi rasa nyaman, serta memotivasi siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka di tahun ajaran baru.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Jati Agung, Polres Lampung Selatan, Polda Lampung, Iptu Mustholih S.H., bersama beberapa personil mengadakan kegiatan pemberian pengarahan dan bimbingan dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Negeri 1 Jati Agung, Senin (17/7/2023). 

Bertempat diruang kelas  SMAN 1 Jati Agung, Kapolsek mengatakan bahwa sekolah merupakan tempat untuk menyemai karakter atau sifat.

"Sekolah, sejatinya bukan sekadar tempat mentransfer ilmu pengetahuan dari guru kepada anak didiknya. Lebih dari sekadar mendapatkan ilmu pengetahuan, sekolah adalah tempat anak untuk menyemai karakter atau sifat, belajar bersosialisasi, termasuk sikap santun dan menghormati pihak lain," ujar Mustholih.

Iptu Mustholih juga mengingatkan agar masa pengenalan bagi siswa baru itu tidak diwarnai dengan kekerasan, apalagi mengarah ke sikap perundungan.

Peringatan yang disampaikan oleh Kapolsek itu sebetulnya bukan hal baru, karena sudah selayaknya anak-anak berstatus pelajar itu menikmati hari-hari dengan penuh riang. Suasana riang adalah hak anak yang harus dipenuhi oleh lingkungan, termasuk sekolah dan keluarga.

Selain itu menurut Kapolsek, Sekolah juga harus menampilkan sikap penghormatan pada pihak lain.

"Jika sekolah dengan figur otoritas yang ada pada guru tidak menampilkan sikap penghormatan pada pihak lain, itu sama artinya dengan sekolah memupuk sikap atau karakter semena-mena pada siswa. Sama dengan menanamkan sifat mementingkan diri sendiri dan acuh pada perasaan dan keadaan orang lain" ucap Mustholih.

Kapolsek juga mengingatkan kepada peserta didik baru agar memahami aturan, norma, budaya dan tata tertib yang berlaku di lingkungan sekolah.

Dan yang terakhir Iptu Mustholih menghimbau kepada seluruh peserta didik baru untuk menghindari dan menjauhi hal-hal negatif yang bisa merusak nama baik diri sendiri maupun sekolah seperti Tawuran antar pelajar dan penyalahgunaan narkoba.

"Saya ingatkan kepada anak-anak peserta didik baru untuk menghindari dan menjauhi kegiatan-kegiatan yang negatif yang bisa merugikan diri sendiri, keluarga dan masyarakat serta nama baik sekolah seperti Tawuran antar pelajar serta penyalahgunaan narkoba." Pungkas Iptu Mustholih. [Feby]

Posting Komentar

0 Komentar