Juneteenth: Bagaimana Liburan Dimulai dan Dirayakannya?

Hari libur federal terbaru AS ditandatangani menjadi undang-undang pada tahun 2021 berakar pada emansipasi orang kulit hitam Amerika dari perbudakan


GK, Amerika -
 Banyak orang Amerika merayakan Juneteenth, menandai hari di tahun 1865 ketika orang-orang yang diperbudak terakhir di Amerika Serikat mengetahui bahwa mereka bebas.

Selama beberapa generasi, orang kulit hitam Amerika telah mengakui akhir dari babak tergelap dalam sejarah AS dengan kegembiraan, dalam bentuk parade, festival jalanan, pertunjukan musik, atau acara masak-memasak.

Pemerintah AS lambat menerima kesempatan itu – baru pada tahun 2021 Joe Biden, yang dilantik pada Januari itu, menandatangani undang-undang yang disahkan oleh Kongres untuk menetapkan 19 Juni sebagai hari libur federal Juneteenth.

Dan semakin banyak orang yang mempelajari detail sejarah dan tradisi Juneteenth, pesan hari raya tersebut menghadapi tekanan modern – terutama retorika politik, kebijakan dan undang-undang yang menyensor sejarah dan mengutuk upaya untuk mengajari orang Amerika tentang sejarah ras bangsa. Lalu ada masalah seperti perusahaan yang menggunakan liburan terutama sebagai acara pemasaran dengan sedikit di bawah permukaan, dan orang berpesta tanpa bersusah payah untuk mempelajari mengapa ada peringatan dan perayaan.

Bagaimana Juneteenth dimulai?

Perayaan dimulai dengan budak di Galveston, Texas. Meskipun Proklamasi Emansipasi Presiden Abraham Lincoln secara resmi membebaskan semua dari perbudakan pada tahun 1863, itu tidak dapat ditegakkan di banyak tempat di selatan sampai perang saudara berakhir pada tahun 1865. Bahkan kemudian, beberapa orang kulit putih yang mendapat untung dari perbudakan enggan berbagi berita.

Laura Smalley, dibebaskan dari perkebunan dekat Bellville, Texas, ingat dalam sebuah wawancara tahun 1941 bahwa pria yang dia sebut sebagai "tuan tua" pulang dari pertempuran dalam perang saudara dan tidak memberi tahu orang-orang yang dia perbudak tentang apa yang telah terjadi.

“Tuan tua tidak memberi tahu, Anda tahu, mereka bebas,” kata Smalley. “Saya pikir sekarang mereka mengatakan mereka mengerjakannya, enam bulan setelah itu. Enam bulan. Dan lepaskan mereka pada tanggal 19 Juni. Itu sebabnya, Anda tahu, kami merayakan hari itu.

Berita bahwa perang telah berakhir dan mereka telah bebas akhirnya sampai ke Galveston ketika mayor jenderal Persatuan Gordon Granger dan pasukannya tiba di kota pantai Teluk pada tanggal 19 Juni 1865, lebih dari dua bulan setelah pasukan Konfederasi menyerah.

Granger menyampaikan Perintah Umum No 3, yang berbunyi: “Rakyat Texas diberitahu bahwa, sesuai dengan proklamasi dari Eksekutif Amerika Serikat, semua budak bebas. Ini melibatkan persamaan mutlak hak-hak pribadi dan hak milik antara mantan tuan dan budak, dan hubungan yang sampai sekarang ada di antara mereka menjadi hubungan antara majikan dan buruh upahan.”

Perbudakan dihapus secara permanen enam bulan kemudian, ketika Georgia meratifikasi amandemen ke-13. Dan tahun berikutnya, orang-orang Galveston yang sekarang bebas mulai merayakan Juneteenth.

Apakah ada judul lain yang digunakan untuk Juneteenth?

Kadang-kadang juga disebut Hari Kemerdekaan Juneteenth, Hari Kebebasan, Hari Kemerdekaan kedua dan Hari Emansipasi.

Itu dimulai dengan piknik gereja dan pidato, dan menyebar saat orang Black Texas pindah ke tempat lain. Sebagian besar negara bagian AS sekarang mengadakan perayaan. Opal Lee, seorang mantan guru dan aktivis, sebagian besar dipuji karena menggalang orang lain di belakang kampanye untuk menjadikan Juneteenth sebagai hari libur federal. Pria berusia 96 tahun itu memiliki kenangan yang jelas tentang merayakan Juneteenth di Texas timur sebagai seorang anak dengan musik, makanan, dan permainan dan dia menggalang dukungan dari kota asalnya Fort Worth sampai ke Washington DC, Lee adalah salah satu orang yang berdiri di sampingnya. ke Biden ketika dia menandatangani Juneteenth menjadi undang-undang.

Bagaimana perayaan Juneteenth berkembang selama bertahun-tahun?

Perhitungan nasional atas ras yang dipicu oleh pembunuhan George Floyd oleh polisi tahun 2020 membantu mengatur panggung untuk Juneteenth menjadi hari libur federal baru pertama sejak 1983, ketika Hari Martin Luther King Jr diciptakan.

Sekarang ada gerakan untuk menggunakan liburan sebagai kesempatan untuk aktivisme dan pendidikan, dengan proyek layanan masyarakat yang ditujukan untuk mengatasi perbedaan ras dan panel pendidikan tentang topik seperti ketidaksetaraan layanan kesehatan dan kebutuhan akan taman dan ruang hijau.

Seperti kebanyakan hari libur, Juneteenth juga telah melihat bagian komersialisme yang adil. Pengecer, museum, dan tempat lain telah memanfaatkannya dengan menjual kaus bertema Juneteenth, peralatan pesta, dan es krim. Beberapa pemasaran telah gagal, memprovokasi reaksi media sosial.

Para pendukung hari raya tersebut juga telah bekerja untuk memastikan para peserta Juneteenth tidak lupa mengapa hari itu ada.

“Pada 1776 negara itu dibebaskan dari Inggris, tetapi orang-orangnya tidak semuanya bebas,” kata Dee Evans, direktur komunikasi nasional dari National Juneteenth Observance Foundation, pada 2019. “19 Juni 1865, sebenarnya adalah saat rakyat dan seluruh negara sebenarnya bebas.” [red]

 

Artikel dilansir dari theguardian.com

Posting Komentar

0 Komentar