Bosan Keluhkan Jalan Rusak yang Sudah 6 Tahun Tak Juga Diperbaiki, Masyarakat Lakukan Swadaya Jalan Provinsi


GK, Lampung Barat -
Bosan selalu mengeluh karena jalan rusak dan tidak hanya ingin berpangku tangan karena sudah lebih dari 6 tahun tidak diperbaikan. Puluhan warga Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat berinisiatif melakukan perbaikan Jalan Provinsi secara swadaya.

Dengan bersumber iuran sukarela dari berbagai lapisan masyarakat terkumpul sebanyak 75 sak semen, pasir hingga batu seplit untuk menambal badan jalan yang berlubang.

Dilokasi saat gotong-royong swadaya perbaikan jalan, hadir Kapolsek Balik Bukit Iptu Arnis Daely, Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang juga turut membantu pengerjaan perbaikan jalan.

Surya Al Pajri selaku ketua pelaksana mengatakan, perbaikan jalan itu meliputi kegiatan tambal sulam menggunakan coran semen pada sejumlah titik jalan berlubang, sekaligus membuat jalan air agar jalanan tidak tergenang yang bisa memicu kerusakan jalan.

Ruas jalan antara Pekon Bandar Baru dan Pekon Buay Nyerupa, yang membelah hutan kawasan penanganannya merupakan tanggung jawab daripada Pemerintah Provinsi Lampung yang dalam hal ini adalah Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK).

"Ini merupakan Jalan Provinsi yang sudah lebih dari 6 tahun tidak mendapat perbaikan dan perhatian dari Pemerintah Provinsi sendiri, sehingga kami berinisiatif untuk memperbaiki secara swadaya karena sudah banyak korban kecelakaan akibat dari jalannya rusak begini," ujarnya.

Surya juga menjelaskan, alasan pentingnya perbaikan Jalan Provinsi ini karena merupakan satu-satunya akses jalan penghubung antar Pekon, antar Kecamatan bahkan antar Provinsi yang banyak dilalui oleh masyarakat dari berbagai wilayah.

"Tidak ada jalan alternatif di rute ini, tapi Pemerintah seolah tutup mata akan kondisinya yang makin hari makin parah. Entah kapan jalan ini mau dibangun, sedangkan kami sebagai warga sekitar sini untuk ke ibukota kabupaten inilah jalan yang kami lalui," jelasnya.

Namun lanjutnya, meski sudah ada inisiatif masyarakat secara swadaya memperbaiki Jalan Provinsi. Masyarakat tetap berharap Pemprov Lampung memberikan perhatian serius untuk peningkatan jalan tersebut.

"Tentunya masyarakat masih terus berharap agar Pemprov betul-betul memperhatikan peningkatan infrastruktur jalan ini karena merupakan sarana vital untuk kelancaran mobilitas warga," harapnya. [Surya]

Posting Komentar

0 Komentar