Pemerintah: 1 Ramadhan 1444 Hijriah Hari Kamis 23 Maret 2023



GK, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadhan 1444 Hijriah. Agenda, jatuh pada Kamis (23/3/2023). Hal itu disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pada sidang isbat di Auditorium HM Rasjidi, Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (22/3/2023), pukul 19.00 WIB.

Dikutip dari lampungpro.co hadir pada sidang tersebut antara lain Duta Besar Negara Tetangga, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung (MA), dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kemudian Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), hingga pimpinan organisasi masyarakat (Ormas) Islam dan pesantren.
Sebelumnya, Anggota Tim Hisab Rukyat Kemenag, Asadurrahman kepada wartawan mengatakan salat Tarawih akan digelar mulai malam ini. Asadurrahman, menerangkan hilal sudah terlihat di dua wilayah di Indonesia, yakni Palu dan Mataram.

"Insya Allah malam ini mulai tarawih. Laporan informasinya itu tadi teman dari BMKG katanya sudah diverifikasi, Palu dan Mataram itu ada laporan hilal dapat dilihat. Itu menurut BMKG," kata Asadurrahman.

Dia mengatakan hampir seluruh wilayah di dunia akan menjalankan ibadah puasa 1 Ramadhan 1444 Hijriah pada Kamis besok.Asadurrahman menyebut berdasarkan pengamatan, tinggi hilal sejauh ini memenuhi syarat dalam penentuan 1 Ramadhan 1444 Hijriah.

"Dari segi ketinggian menenuhi kriteria kemudian dari segi elongasi kita lihat mulai 7 sampai 19. Nampaknya dari segi ketinggian dan elongasi nampaknya hampir seluruh wilayah di dunia ini akan memulai Ramadan-nya," ucapnya.

Selain itu, Asadurrahman menyebut salat Tarawih hampir di seluruh dunia juga akan digelar sejak malam ini. "Salat tarawihnya malam ini dan ibadah puasa mulai fajar besok," pungkasnya. (Sry)

Posting Komentar

0 Komentar