Sungai Way Nakau dan Way Serupa Meluap, Polisi Way Kanan Berjibaku Bantu Warga


GK, Way Kanan - Dampak curah hujan yang tinggi mengakibatkan hulu Sungai Way Nakau meluap, dengan kondisi tersebut Jalan Kampung Bandar Kasih dan Kampung Rejo Sari Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan terendam air dari sungai. Minggu (19-02-2023).

“Situasi banjir terjadi pada hari Minggu 19 Februari 2023 antara pukul 04: 00 WIB, setinggi setengah kaki orang dewasa di jembatan antara Kampung SP 3  dan Kampung Bandar Kasih Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan.”Kata Kapolres Way Kanan AKBP Teddy Rachesna.

Sementara, untuk pemukiman warga di dua Kampung tesebut tidak terdampak banjir, hanya perkebunan sawit dan kebun singkong warga yang terdampak.

Beberapa personel Subsektor Negeri Agung Polsek Blambangan Umpu Polres Way Kanan Polda Lampung  masih melakukan pengamanan dan turut membantu warga yang terdampak karena akses Jalan dari Kampung Rejo Sari dan Kampung Tanjung Rejo terendam air, untuk korban jiwa, hingga saat ini belum ada laporan,” Ujar Kapolres.

Ditempat terpisah dihari yang sama, sekitar pukul 10.00 WIB terjadi juga kenaikan debit air sungai Way Serupa yang terletak di Jalan poros HTI Reg 46 Dsn. Tanjung Sari Kampung Tanjung Serupa Kecamatan Pakuan Ratu  Kabupaten Way Kanan.

Akibat meluapnya air sungai Way Serupa ke jalan dengan ketinggian air kurang lebih 50 cm, sampai menutup akses jalan dari Dsn. Tanjung sari Kampung Tanjung Serupa Kecamatan Pakuan Ratu meski tidak sampai meluap ke pemukiman warga.

Terkini, personel Polsek Pakuan Ratu Polres Way Kanan yang melakukan pengecekan, langsung berjibaku membantu warga yang hendak melintasi jalan poros HTI Reg 46 tersebut.

Petugas Kami dibantu Banser NU dan PSHT ranting Pakuan Ratu dilokasi masih terus siaga membantu warga yang melintas di jalan terimbas pasang air tinggi dari sungai Way Serupa.

Lebih lanjut, Teddy menghimbau kepada masyarakat disekitar pinggiran sungai untuk waspada akan dampak kenaikan debit air mengingat intensitas curah hujan masih tinggi terutama kepada anak-anak agar tetap senantiasa diawasi orang tua, “Ungkapnya.

Sementara itu Suyani pengguna jalan mengucapkan terimaksih kepada Kepolisian khususnya Polsek Pakuan Ratu yang siap dan sigap membantu masyarakat yang melintas.

“Saya sebagai pengurus masjid AN-NUR  Kampung Serupa Indah dan pengguna jalan tentunya mengucapkan terimakasih dengan yang telah dilakukan bapak Polisi dan tim,” Kata Suyani. [HBR]

Posting Komentar

0 Komentar