Penandatanganan MoU Dinas PPPA dengan Komnas PA Kota Bandar Lampung


GK, Lampung
– Dalam rangka Penanda Tanganan MoU Dinas PPPA Dengan Komnas PA Kota Bandar Lampung serta pekan Hari Pendidikan Nasional menggelar Talk Show yang bertema "Pola Asuh Terbaik Bagi Anak dan Penanganan Kenakalan anak di Kota Bandar Lampung”, acara berlangsung di Gedung sesat Pasar Kreatif dan seni Provinsi Lampung, Way Halim. Minggu (19/5/2023)

Acara dihadiri oleh Kapolresta Kota Bandar Lampung yang diwakilkan, Kepala Dinas PPPA Kota Bandar Lampung (Maryamah), Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung (Mulyadi), Pemerhati Anak/Ketua Komnas PA Kota Bandar Lampung (Kak Apri/Ahmad Apriliadi Passa), Wali murid dan siswa/siswi serta guru perwakilan dari setiap sekolah.

Selain Talk show, dalam gelaran ini diadakan juga lomba mewarnai denan peserta sekitar 100 lebih anak dari berbagai sekolah, dari umum, PAUD, TK kemudian SD kelas 1 sampai kelas 5. Kemudian yang SMP di libatkan dalam bentuk penyuluhan  tentang pola asu yang efektif.

Dalam penjelasannya, Apriliadi mengatakan, “Lagi musim-musimnya wisata  maupun perpisahan sekolah  hendaknya memang tetap dilakukan dengan aman, memastikan semua segala perizinan itu memang lengkap dan yang mendapatkan mandat misalnya PO busnya atau  pelaku perjalanan wisata itu betul-betul aman dan memiliki kualifikasi yang baik,” terangnya.

“Memang kalau kita jalan-jalan, itu semakin meningkatkan kreasi anak, namun tidak boleh seperti itu, kita mengupayakan membentuk hak anaknya, bagaimana hak anak terpenuhi itu bisa betul-betul dijalankan. Wisata itu hak anak dan bagaimana bisa dijalankan dengan aman dan tertib serta selamat, tentunya agar bisa kembali ke rumah masing-masing dan belajar di sekolah,” jelas Apriliadi.

Apriliandi Passa juga mengatakan selalu membuka  baik pengaduan maupun bentuk-bentuk pelayanan.

“Kita ada bentuk rujukan, seperti rujukan pelayanan visum, kemudian rujukan pelayanan psikolog, klinis ini tidak ada biayanya sama sekali kalau memang mengikuti prosedur, nanti ada pengantar dari kami dan itu dilayani oleh UPTD PPA Kota Bandar Lampung. Andai locus the lightingnya atau tempat kejadian itu tidak di Kota Bandar Lampung, kita bisa rujuk ada UPTD Way Halim untuk dinas PPA UPTD TPA-nya, jadi tidak ada hambatan untuk bagi anak melakukan pengaduan.” Pungkas Apriliadi.

Sementara dari Disdikbud Kota Bandar Lampung, Mulyadi Mengungkapkan, sangat mendukung  dengan kegiatan yang digelar oleh Dinas PA Bandar Lampung.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan juga arahan Kepada pelajar untuk menjauhi kegiatan yang tidak bermanfaat.” Tutup Mulyadi.

Diketahui dalam Talk Show Menghadirkan Narasumber dari Komnas PA Kota Bandar Lampung, Kepolisian, Dinas pendidikan, Dinas Pariwisata dan Dinas PPPA Kota Bandar Lampung.(Yuli)

Posting Komentar

0 Komentar