GK,Tanggamus
– Pekon Penanggungan kec, Gunung  Alip dan sekitarnya dilanda hujan deras yang mengakibatkan luapan Air Sungai tak dapat terbendung Hingga meluap ke pemukiman, jum,at (1 maret 2024)

Warga Pekon Penanggungan Kecamatan Gunung Alip berbondong-bondong membenahi tanggul dan membersihkan sampah yang menghalangi gorong-gorong  agar air yang meluap ke pemukiman bisa mengalir lancar.

Kepala Pekon Penanggungan, Edi Febrianto, beserta bidan desa berkunjung ke rumah warga yang terdapak menghimbau kepada masyarakat Pekon Penanggungan, agar waspada akan banjir susulan apalagi sekarang musim penghujan ditakutkan luapan air sungai lebih besar lagi naik kepemukiman.

"Saya menghimbau kepada warga agar bisa mengungsi terlebih dahulu, di rumah kerabat yang dataran tinggi, apabila keluarga ada yang sakit disarankan untuk menghubungi bidan desa atau datang ke rumah bidan desa," ucap Edi.

"Kami dan warga Pekon Penanggungan selalu membersihkan sampah yang menyangkut di gorong-gorong. Namun sampah yang masuk di pekon kami adalah sampah kiriman yang dibawa air sungai yang meluap ke pemukiman warga, kami selalu siaga dalam musim  penghujan in," kata Kepala Pekon.

Joni, warga setempat juga mengeluhkan luapan air sungai yang amat besar hingga masuk kepemukiman bahkan ketingian air yang meluap dari sungai sampai kelutut orang dewasa.

"Kami juga menyelamatkan barang-barang yang berharga agar agar tidak terkena air, seperti kulkas, televisi dan yang lain lainnya," ujar Joni.

Di tempat yang terpisah Seketaris Desa Suhendi juga membenarkan apa yang disampaikan oleh Joni.

"Sampah yang dibawa air tersebut menyumbat ke gorong-gorong, sedangkan pekon kami berdekatan dengan air sungai bila banjir datang maka pekon kami tergenang air, tadi juga kami aparatur pekon ikut serta membantu warga untuk mengalihkan luapan air  dari sungai  agar mengurangi derasnya air yang masuk ke rumah-rumah," tandasnya.(Arman).