Peduli Lingkungan Hidup, Danrem 043/Gatam Pimpin Penanaman Pohon serentak di Gunung Rajabasa


GK, LAMPUNG SELATAN
- Dalam mensinergikan rasa cinta dan kepedulian TNI terhadap lingkungan Hidup di wilayah  Korem 043/Gatam  dilakukan Kick off penanaman  pohon secara serentak  di wilayah Kodim 0421/LS berlokasi di Kaki Gunung Rajabasa  Desa Kecapi Kec.Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Senin, (15/01/2024).


Kegiatan penanaman pohon secara serentak dipimpin langsung oleh Danrem 043/Gatam (Brigjen TNI Iwan Ma'ruf Zainudin S.E) dan dihadiri oleh Pejabat Forkopimda  Provinsi Lampung serta Forkopimda Kab. Lampung Selatan beserta Dan/ Ka Satdisjan jajaran Korem 043/Gatam.

 

“Pelaksanaan penanaman pohon secara serentak ini merupakan program Komando Atas,   Kita menyadari bahwa hutan berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus juga sebagai penyedia hasil hutan berupa kayu, kebutuhan pangan penghasil oksigen, sarana rekreasi dan konservasi keanekaragaman hayati, saat ini kita semua dihadapkan pada kenyataan bahwa lingkungan hidup telah mulai rusak” ungkap Jenderal  Ma’ruf dalam sambutannya.


“Pencemaran udara mengakibatkan langit diatas kita kurang cerah karena penuh dengan gas polusi,  sementara itu lahan di sekitar kita sering terlihat gersang dan hutan banyak yang rusak akibatnya pada musim hujan kita mengalami bencana banjir, sebaliknya pada musim kemarau kita mengalami kekeringan ini merupakan pertanda bahwa kondisi hutan dan lingkungan disekitar kita mulai rusak. dan  Selaku Komando Kewilayahan di wilayah Prov. Lampung, saya merasa bertanggung jawab atas kelestarian hutan kita” tegas Danrem.   


“Pada hari ini kami secara serentak bersama Pemerintah Daerah serta pihak terkait lainnya melakukan penanaman pohon yang dilaksanakan di seluruh   Kodim jajaran Korem 043/Gatam  di Wilayah Provinsi Lampung  dengan target penanaman 6.300 batang pohon di antaranya pohon durian, sengon, cemara, alpukat, pinang, jengkol, mangga, akasia, mahoni dan nangka. tujuan dilaksanakan penanaman pohon adalah mewujudkan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan mengurangi dampak pencemaran” Pungkasnya.


Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari Pemerintah daerah  dan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI, khususnya Korem 043/Gatam karena ini yang kedua kali setelah penanaman pohon mangrove di Pantai Bagus Desa Merak Belantung Kec. Kalianda  Kab. Lamsel  Tahun 2023 lalu, kegiatan penanaman pohon serentak ini sebagai bentuk nyata dukungan TNI kepada Pemerintah Daerah untuk mewujudkan pelestarian fungsi lingkungan hidup dan mengurangi dampak pencemaran lingkungan.


Selain Melaksanakan Penanaman Pohon Secara Serentak, Danrem juga melaksanakan Bakti  sosial berupa pembagian Paket Sembako Kepada para petani yang berada di seputaran Gunung Rajabasa,[Feby/Rilis]

Posting Komentar

0 Komentar