Seni Tari Modern hingga Fashion Show Meriahkan Anjungan Lamtim


GK, Bandarlampung
- Seni Tari Kreasi Modern hingga Fashion Show memeriahkan Anjungan Lampung Timur (Lamtim) di malam ke-9 Pekan Raya Lampung (PRL) 2023. Keduanya ditampilkan langsung oleh pemuda dan pemudi talenta Bumei tuwah pepadan.

Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo mengapresiasi atas penampilan para pemuda pemudi talenta Kabupaten Lamtim. "Dan yang kita tampilkan saat ini bukti bahwa Lamtim memiliki potensi yang mempuni," ujarnya. 

Sementara, untuk Fashion Sendiri menampilkan busana batik lukisan yang dimodifikasi atau dipadukan dengan tapis Lampung. Dan busana tersebut merupakan hasil tenaga kerja mandiri yang didirikan dari tahun 2021.

"Dan ini menjadi ciri khas Lamtim dan menjadi kebanggan masyarakat Lamtim. Dan ini harus terus dilestarikan dan harus terus diperkenalkan ke seluruh Lampung," ujarnya.

Dawam juga menjelaskan, Anjungan Lamtim menyediakan berbagai stand yang bisa dikunjungi masyarakat. "Seperti ada pameran capaian Bupati Lampung Timur ditingkat nasional dan ada juga capaian pembangunan di Lampung Timur," ujarnya.

Selain itu ada pameran produk dari 40 UMKM binaan Dinas koperasi, UMK dan Tenaga Kerja Lampung Timur. Selain itu, ada pameran produk binaan Kementerian Perindustrian kerjasama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lampung Timur.

Seperti produk olahan lada hitam. Ada berupa sirup lada hitam, kopi lada hitam, dan kripik pisang lada hitam, tentunya ada kerajinan tapis motif lada, ada olahan kripik, sirup mangrove dengan total 90 produk.

"Di dalam anjungan juga saat pengunjung masuk akan disuguhkan spot ikon wisata Lampung Timur seperti Taman Purbakala Pugung Raharjo, Taman Nasional Way Kambas, wisata mangrove desa Sri Minosari Labuhan Maringgai," lanjutnya.

Pengunjung juga dipersilahkan untuk berbelanja dan apabila belanja dengan kelipatan 50 ribu dapat kupon berhadiah dan akan diundi pada tanggal 21 Oktober dengan doorprizenya 1 unit sepeda motor Honda Revo Fit yang disponsori Bank Lampung, ada sepeda lipat yang juga disponsori RSIA Mawar LabuhanRatu Lampung Timur.

Dengan tema transformasi digital, anjungan Lampung Timur menyediakan sistem pembayaran dengan Qris untuk berbagai pembayaran, ada JNT Turbo yang merupakan fasilitas platform digital dari JNT untuk memasarkan produk UMKM. Tersedia website IKM berisikan produk kataloG IKM. 

Selain itu, adapula stand Deskranasda Lampung Timur. Di stand Dekranasda Lampung Timur ini menyuguhkan berbagai wastra binaan Dekranasda Lampung Timur.

Pada area bawah tersedia panggung hiburan yang setiap harinya berisi acara menarik, bagi para pengunjung. Nantinya akan ada lomba melukis gerabah, lomba menyanyi, fashion show wastra lampung timur yang merupakan binaan Ibu Bupati Lampung Timur. 

Ada pula area pelayanan untuk area ini diisi dengan dinas-dinas yang memberikan pelayanan publik dan mendukung program unggulan Bupati Lamtim.

Seperti Dinkes Lampung Timur dan Rumah Sakit Daerah, Dinas PPPA Dalduk dan KB yang mendukung program penurunan angka stunting di Lamtim. Adapula Dinas PMPTSP berserta dinas PUPR yang membuka pelayanan perizinan usaha untuk UMKM.

Selain itu ada dinas kependudukan dan pencatatan sipil yang membantu perekaman identitas kependudukan digital, pengaduan aktivasi, dan scan barcode. Di anjungan Lampung Timur juga dilengkapi dengan zona ramah anak dan ruang menyusui.

"Adapula PT GGP yang ikut berpartisipasi dengan memberikan nanas, pisang cavendis yang menyediakan pisang dan nanas yang diperkenan makan bersama. Ada pula alpukat siger dari kecamatan Marga Sekampung lamtim, dan kelengkeng dari kecamatan Batanghari nubang yang kemarin sempat panen bersama Gubernur Lampung," katanya. (Rls).

Posting Komentar

0 Komentar