Kasiter Kasrem 043/Gatam Sampaikan Materi “ Aktualisasi Bela Negara Cegah Tangkal Radikalisme “ Pada Generasi Muda


GK, Lampung
– Sosialisasi Bela Negara Bagi Generasi Muda di Provinsi Lampung TA 2023, yang diselenggarakan Kesbangpol Provinsi Lampung  diikuti oleh 100 orang siswa/siswi SMA serta guru pendamping Seprov Lampung, dilaksanakan di Hotel Horison Jl. Kartini Bandar Lampung. Selasa (13/6/2023)

Selaku Narasumber pada kegiatan tersebut, Kasiter Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf Risa Wilsi, S.H., M.H. yang menyampaikan materi, “ Aktualisasi Bela Negara Cegah Tangkal Radikalisme “, dengan mengajak generasi muda untuk berperan aktif, sekaligus menjadikan generasi muda sebagai kekuatan moral dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan nasional.

“ Kesadaran bela negara merupakan hak dan kewajiban bagi setiap warga negara, sesuai dengan Pasal 27 Ayat (3),Pasal 30 Ayat (1) UUD NRI Tahun 1945. Mencermati Pasal 27 Ayat (3) dan Pasal 30 Ayat (1), mengisyaratkan bahwa usaha pembelaan negara dalam  mempertahankan  negara merupakan hak dan kewajiban bagi setiap warga negara dengan tidak ada perkecualiaannya, “

“ Dengan dilaksanakannya Sosialisasi Bela Negara Bagi Generasi Muda, Indonesia dapat menjadi bangsa yang kuat bersatu dan berdaya saing, dengan terjaganya nilai sejarah dan cinta tanah air, ini merupakan revitalisasi dan reaktualisasi nilai-nilai luhur dari Pancasila, guna mencegah primordial kesukuan dan disintegrasi bangsa, serta meningkatkan detternt effect, “terangnya.

Lebih lanjut Kasiter juga menjelaskan kepada para peserta, bahwa Setiap warga negara indonesia harus memiliki sikap, tekad dan tindakan yang teratur guna meniadakan setiap ancaman baik yang datang dari dalam maupun luar negeri yang membahayakan Kemerdekaan, Kedaulatan Negara, Kesatuan dan Persatuan Bangsa.

“ Sebagai kesimpulan Aktualisasi Bela Negara adalah sebagai wujud kesadaran bela negara yang hakikatnya kesediaan berbakti kepada negara dan kesediaan berkorban demi membela negara yang kita cintai ini, “pungkasnya.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris Kesbangpol Provinsi Lampung Hermansyah Saleh, S.STP, M.H., dan  Kepala Jurusan Ilmu Pemerintahan Drs. R. Sigit Krisbiantoro, M.IP.[Yuli]

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama