Inspektorat Minta LSM LIPAN Hadirkan Sisa 73 KPM Dari 130


GK, Pesawaran - HL, Komisi IV DPRD  beserta Tim Inspektorat Kabupaten Pesawaran turun ke Desa Gunung Sari Kecamatan Way Khilau untuk memastikan validasi data yang di orasikan oleh LSM LIPAN di depan Kantor Bupati Pesawaran pada hari Rabu 24 Mei 2023 kemarin, dengan  dugaan sebanyak 130 KPM tidak terima bantuan beras dari BAPANAS ( Badan Pangan Nasional).

Tudingan yang  viral di publik dugaan  Kepala Desa Gurung Sari menggelapkan beras bantuan BAPANAS sebanya 1,3 Ton beras, mendapat respon cepat dari berbagai pihak pemerintah kabupaten Pesawaran.

Kamis hari ini 25  mei 2023, dari 130 orang yang di sampaikan melalui demo didepan kantor Bupati Pesawaran, hanya 52 orang yang mengklarifikasi jika mereka tidak menerima bantuan dari BAPENAS.

Hal ini disampaikan Kasam selaku kepala Desa Gunung Sari Kasam, saat dikonfirmasi Haluan  Lampung seusai validasi data selesai diruangan kerjanya. Kamis (23/2023).

Menurut kades Gunung Sari, pada dasarnya semua beras tahap satu sudah kami realisasikan semua, namun ada beberapa data yang kurang valid, sehingga terjadi miskomunikasi. 

" Kami sudah bagikan semua pada tahap I, tapi dari data yang kami miliki dari BAPANAS, ada banyak nama sama tapi alamatnya kurang jelas, contoh di RT 1 ada nama Sopiah sedangkan di RT yang lainnya ada nama Sopiah juga, inilah yang menyebabkan terjadi di Desa Kami" terangnya.

Lanjut Kasam, untuk tahap dua saat ini, untuk nama - nama  yang kembar dan sebelum  alamatnya jelas, pemerintah Desa Gunung Sari belum sanggup untuk mendistribusikan, sehingga BAPANAS memberikan by name by NIK by address.

" Saya tidak mau salah dua kali bang, untuk pendistribusian tahap II ini, sebelum ada data jelas dari Pemerintah, sisa beras bantuan yang alamatnya belum jelas kami simpan di Desa ,sampai ada alamat atau NIK  yang jelas dari BAPANAS terkait dengan identitas nama yang sama tapi beda RT " keluhnya.

Dia menambahkan, untuk tahap satu yang sudah terlanjur didistribusikan kepada masyarakat, Kepala Desa Gunung Sari siap mengganti yang ada namanya sesuai dengan by name by NIK by address dari data BAPANAS.

" Saya siap menggantikan jika saat penyaluran tahap satu Desa salah sasaran karna banyak nama yang sama , setelah kami mendapatkan alamat baik Dusun atau RT yang jelas dari distributor Bulog " pungkasnya.

Sementara itu menurut , UMRONI mewakili DPRD Pesawaran, puldata dan pulbaket perhari ini, akan di pelajari lebih lanjut, dan berharap kejadian ini cepat terselesaikan.

" Pastinya kita akan bahas lebih lanjut ,untuk saat ini kita masih validasi data , dan saya berharap hal ini cepat terselesaikan" terang DPRD yang terlahir dari partai PAN ini.

Sementara itu menurut keterangan Inspektorat Pesawaran perhari ini, LSM LIPAN baru hadirkan 53 KPM , dan Inspektur Singgih Febriyanto akan meminta sisa dari 130 yang KPM yang di orasikan didepan kantor Bupati Pesawaran  untuk tetap dihadirkan.

"Cuma 53 ternyata, sisa nya masih kita minta sama Lipan untuk tetap dihadirkan" Terang singkat Singgih saat di konfirmasi via WhatsApp.(Feby)

Posting Komentar

0 Komentar