Ini Visi-Misi dan Riwayat Hidup Salah Satu Calon Kandidat Ketua KONI Lampung di Dunia Olahraga


GK, Balam -  Salah satu filsafat yang paling penting dalam pembinaan olahraga berbunyi: seorang juara bukan ditemukan tetapi diciptakan yang berlandaskan pada best on athlete. Berdasarkan filsafat ini, atlet yang hebat dan berpretasi akan lahir dari proses panjang pembinaan yang unsur-unsurnya antara lain perencanaan, penganggaran, manajemen, pelatihan, pertandingan, dan evaluasi sistem keolahragaan. Pada akhirnya atlet-atlet terbaik dapat membangun semangat, persatuan, dan kehormatan yang mengangkat harkat dan martabat bangsa.

Terlebih di Provinsi Lampung yang notabene pintu gerbang pulau Sumatera, dunia olah raga selain sebagai ajang menyalurkan bakat dan menggapai prestasi, juga menjadi ajang untuk mempertebal patriotisme dan semangat cinta tanah air.

Demikian diungkapkan Brigjen TNI (Purn) Amalsyah Tarmizi yang merupakan salah satu kandidat bakal calon Ketua Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung. Diketahui KONI Lampung akan menggelar Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov)  guna memilih Ketua Umum dan membentuk kepengurusan KONI yang baru.

“Bagaimanapun olahraga prestasi dan prestasi olahraga merupakan salah satu indikator dalam penilaian kemajuan suatu daerah. Selain itu prestasi olahraga dapat mengangkat harkat dan martabat suatu daerah dalam konstelasi pembangunan secara regional dan nasional,” tutur Mantan Danrem 043/Gatam tersebut, Sabtu (4/2/2023).

Lebih lanjut Amalsyah mengungkapkan bahwa atas dasar keinginan memajukan atlit dan dunia Olahraga di Provinsi Lampung demi memperkuat martabat bangsa itulah dirinya merasa terpanggil untuk membenahi KONI Provinsi Lampung.

“Inti dari Visi dan Misi saya adalah memajukan dunia olah raga di provinsi Lampung tak hanya dapat bersaing namun para atlitnya juga dapat menjadi asset bangsa,”ujarnya.

Secara rinci, inilah Visi dan Misi Amalsyah Tarmizi sebagai Bakal Calon Kandidat Ketua KONI Provinsi Lampung: 

VISI.
Mengembalikan kejayaan Provinsi Lampung menjadi provinsi terbaik di luar Pulau Jawa (5 Besar Nasional )

MISI.
1. Menghadapi PON XXI 2024 Aceh - Sumatera Utara ( September 2024)• Mempersiapkan CABOR untuk mengikuti babak kualifikasi melalui Kejurnas/Porwil/PRAPON• Mendukung CABOR Potensial untuk menjadi peyelenggara sebagai tuan rumah babak kualifikasi agar atlet lampungdapat maksimal untuk mengikuti PON XXI 2024• Mendorong Para CABOR untuk berkordinasi dengan PB agar atlet – atletnya dapat terpilih menjadi atlet Pelatnas dalam rangka mengikutievent Internasional (Sea Games, Asian Games & Olimpiade)• Menyelenggarakan Training Center PELATDA dalam rangka menghadapi PON XXI tahun 2024.

2. Mewujudkan Provinsi Lampung sebagai tuan rumah PON XXIII Tahun 2032• Mengadakan Kerjasama dengan KONI & PEMDA Provinsi Banten guna Menyusun proposal untuk Bidding dalam rangka mengajukan ProvinsiLampung & Provinsi Banten sebagai tuan rumah PON XXIII Tahun 2032• Melaksanakan Bidding agar mendapatkan dukungan untuk menjadi tuan rumah PON XXIII Tahun 2032 , Bidding dilaksanakan sebelum pelaksanaan PON XXII Tahun 2024• Mendorong terbentuknya infrastruktur olahraga yang merata di setiap kabupaten & kota untuk menjadi tuan rumah PON XXIII Tahun 2032• Menyelenggarakan Porprov 4 Tahun sekali di dua atau kabupaten & kota sebagai Inti dan dua atau tiga kabupaten & kota sebagai penyangga.
Sehingga pembangunan infrastruktur OR di tiap kab/ kota bisa merata.
3. Mewujudkan masyarakat Prov. Lampung agar gemar berolahraga sejak dini melalui sosialisasi:di sekolah sampai dengan perguruan tinggi, di lingkungan kerja, di lingkungan masyarakat. Serta mendukung dibangunnya infrastruktur dan ruang2 terbuka yg dapat dimanfaatkan utk masyarakat berolahraga

4. Mewujudkan Sport tourism di ProvinsiLampungMemanfaatkan potensi wisata alam yang lengkap di Provinsi Lampung seperti pantai, gunung, danau dan sebagainya serta melengkapi infrastruktur olahraga guna mendukung Sport Tourism di Provinsi LampungMisi 

5. Mewujudkan Provinsi lampung sebagai Sport industryDengan memberikan peluang bisnis kepada para pengusaha yang tertarik di bidang olahraga.

6.Menghimpun Anggaran dari Pihak ketiga ( CSR Swasta, BUMN. BUMD ) selain dari APBD Prov guna dana pembinaan OR di Prov Lampung.

7. Mengoptimalkan Sport Sciene untuk meningkatkan prestasi atlet.

Menurut Amalsyah, "Semua ini akan terlaksana bila didukung penuh oleh Pemda, KONI Provinsi, KONI Kabupaten/Kota, Cabor, Swasta serta masyarakat di Provinsi Lampung," ungkapnya.

Disamping itu Amalsyah Tarmizi mengungkapkan bahwa, "Saya apabila terpilih akan membantu Cabor-cabor bila menghadapi masalah hukum," ungkapnya.

Adapun riwayat hidup Amalsyah Tarmizi dibidang olahraga adalah:

- Ketua Umum KKI Sumatera SelatanPeriode 2002 - 2010
- Ketua Umum PHSI Sumatera SelatanPeriode 2002 - 2010
- Komandan Kontingen PON XVI Provinsi Sumatera SelatanTahun 2004
- Komandan Kontingen PON XVI Provinsi Sumatera SelatanTahun 2008
- Manager Sriwijaya FCPeriode 2006 – 2008
- Kabid Binpres KONI Sumatera Selatan Periode 2004 - 2008
- Wakil Ketua Pengprov PSSI Sumatera Selatan Periode 2006 – 2010
- Ketua Umum INKAI Provinsi Lampung Periode 2012-2020
- Wakil Ketua I PB PJSI Periode 2016 - 2021
- Manager JUDO Asian Games ke 18 Jakarta - PalembangTahun 2018
- Manager JUDO SEA GAME ke 31 Vietnam Tahun 2021
- Wasekjen PB PJSI Periode 2021 - 2026. [HBR]

Posting Komentar

0 Komentar