Negeri dengan Seribu Gengsi


Oleh: Jeffry Noviansyah

Gengsi menurut KBBI adalah kehormatan dan pengaruh, harga diri, serta martabat yang juga sebuah kepercayaan diri, kepercayaan diri yang berkonotasi buruk bagi pelakunya. Karna adanya rasa gengsi akan bisa menjadikan seseorang lebih sombong, arogan bahkan hingga tak disukai oleh banyak orang. Orang yang memiliki rasa gengsi akan sulit untuk berbaur dengan orang lain karena di dalam dirinya sudah memiliki standar pribadi yang ditunjukkan oleh suatu sikap.

Banyak kisah yang telah terjadi, akibat gengsi orang lain dianggap kecil atau bahkan tak ada rasa menghargai. Gengsi juga bisa ada pada diri seseorang dan bisa saja terjadi karena dipengaruhi oleh sifat bawaan dari lahir akibat pola asuh orang tua atau memang disebabkan oleh lingkungan dimana ia berada sehari-hari. Memiliki rasa gengsi kerap dianggap sebagai bentuk meningkatkan harga diri serta status sosial.

Sebagai contoh yang tengah viral, seorang anak pegawai di Ditjen pajak (DJP) Kementerian Keuangan, Jakarta Selatan dengan tega menganiaya anak Pengurus Pusat (PP) GP Ansor dan kini dijerat dengan pasal berlapis yakni Pasal 76c junto Pasal 80 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman pidana maksimal 5 tahun subsider Pasal 351 ayat 2 tentang penganiayaan berat dengan ancaman pidana maksimal 5 tahun.

Apa yang salah?
Seorang anak yang hidup dimanja seba kecukupan, dengan kendaraan roda duanya (Moge), Mobil Rubicon, dan bahkan mungkin lebih dari itu. Tentu hal tersebut akhirnya menjadi sebuah gengsi bagi dirinya untuk mengakui bahwa ‘Akulah yang paling hebat dan kuat’. 

Hal tersebut hanyalah salah satu contoh peristiwa yang tengah terjadi di negeri ini, sementara rakyat jelatan masih banyak yang menjerit kelaparan, bantuan pemerintah terkadang tak tepat sasaran, geram melihat para aktor bermewah-mewah, hingga meluncur sebuah kata: sangat jauhlah antara langit dan bumi.

Rakyat jelata tak punya gengsi, hanya menjadi ‘Norak’ jika dipaksakan. Rakyat jelatan hanya berfikir bagaimana hari ini bisa makan, bagaimana hari esok bisa terus menghidupi keluarganya, bagaimana bisa membayar segala angsuran, sekolah, listrik, air, dan lain sebagainya.

Walaupun masih juga terlihat banyak masyarakat yang kehidupan ekonominya dibawah rata-rata, hanya karna gengsi mereka harus punya sesuatu yang ter-update dari orang disekitarnya agar mendapat penghargaan diri.

Semoga kita tidak menjadi orang-orang memiliki rasa gengsi yang tinggi hanya untuk sekedar dihargai, bahkan merendah pun kita masih bisa dihargai. 

Posting Komentar

0 Komentar