Saibatin Kepaksian Buay Belunguh Paksi Pak Skala Brak Anjau Silau Ke Kabupaten Tanggamus Saibatin Kepaksian Buay Belunguh Paksi Pak Skala Brak Anjau Silau Ke Kabupaten Tanggamus
Portal Garis Komando (gariskomando.com) adalah website Pemberitaan (News) yang dikemas secara umum namun didominasi dengan berita TNI/Polri. | Portal Garis Komando berdasarkan ide demi meningkatkan citra baik TNI/Polri dan mewujudkan kepuasan Masyarakat terhadap TNI/Polri. | KAMI JUGA MENERIMA PESANAN PEMBUATAN RILIS BERITA, ARTIKEL, PROFIL, CERITA, DAN LAIN SEBAGAINYA DENGAN HARGA VARIATIF. SILAHKAN HUBUNGI NOMOR 0896 1900 1005 (TELEPON DAN WHATSAPP).

Garis Komando

Saibatin Kepaksian Buay Belunguh Paksi Pak Skala Brak Anjau Silau Ke Kabupaten Tanggamus



GK, TANGGAMUS - Saibatin Kepaksian Buay Belunguh Paksi Pak Skala Brak, Puniakan Beliau Yanuar Firmansyah Gelar Suttan Junjungan Sakti Yang Ke-27, adakan anjau silau ke marga Belunguh Kagungan di Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, Senin (24/10/2022).

Dalam anjau silau tersebut, Puniakan Beliau Yanuar Firmansyah didampingi oleh tokoh adat Lampung Irjen Pol (Purn) DR. H. Ike Edwin S.H., M.H., M.M., yang juga mantan Kapolda Lampung tahun 2016 yang lalu.

Kedatangan dua tokoh adat Lampung tersebut disambut secara adat oleh para pemangku adat dari marga Belunguh, yang ada di Pekon Umbul Buah, Kagungan, Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, dengan diarak menuju rumah salah satu pemangku adat Kagungan marga Belunguh, yang berasal dari Kepaksian Buay Belunguh Paksi Pak Skala Brak Lampung Barat.

Hadir dalam acara tersebut, selain para pemangku adat, masyarakat adat, juga dihadiri oleh Forkompinda Kabupaten Tanggamus, diantaranya, Bupati Tanggamus yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati, Perwakilan Kapolres Tanggamus, perwakilan Dandim Tanggamus, Camat Kota Agung Timur, dan para Kepala Pekon se-Kecamatan Kota Agung Timur.

Dalam sambutannya para pemangku adat marga Belunguh yang ada di Kagungan Tanggamus yang diwakili oleh Zul Kurnian S.I.P., gelar Khaja Pemangku Marga, yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus, mengucapkan rasa hanggum, bangga dan terima kasih atas kedatangan kedua tokoh adat Lampung tersebut.

"Kami hari ini merasa bangga, hanggum, dan bahagia atas kunjungan Puniakan Beliau Yanuar Firmansyah Gelar Suttan Junjungan Sakti Yang Ke-27 dari Kepaksian Buay Belunguh Paksi Pak Skala Brak, bersama tokoh adat Lampung, Dang Ike Edwin, yang telah sudi meluangkan waktu untuk melakukan anjau silau, dengan kami marga Belunguh Kagungan yang berasal dari Kepaksian Buay Belunguh Paksi Pak Skala Brak ini," ucapnya.

Masih menurut Zul Kurnian, "Merupakan kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi kami marga Belunguh Kagungan yang telah ditengok oleh Puniakan Beliau Yanuar Firmansyah, yang merupakan pimpinan Adat tertinggi di Kepaksian Buay Belunguh Paksi Pak Skala Brak," Ungkapnya.

Lanjut Zul Kurnian, "Mudah-mudahan dengan adanya acara anjau silau ini tali silaturahmi dan rasa persaudaraan akan semakin erat, demi terjaga dan lestarinya adat dan budaya khususnya di marga Belunguh Kagungan Tanggamus ini." Ucapnya.

Ditempat yang sama Bupati Tanggamus dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati mengatakan bahwa,
"Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus senantiasa akan mendukung dan membantu menjaga dan melestarikan adat dan budaya Lampung khususnya di Kabupaten Tanggamus ini," ujarnya.

Dalam sambutan dan petuahnya, Puniakan Beliau Yanuar Firmansyah Gelar Suttan Junjungan Sakti Yang Ke-27 yang diwakili oleh Dang Ike Edwin menyampaikan, "Kita harus bangga menjadi orang Lampung, dan mari kita pererat silaturahmi, persaudaraan, dan kekeluargaan, karena pada dasarnya kita adalah satu keluarga, bersaudara, walaupun saudaraku semua yang ada di Marga Belunguh Kagungan ini tinggal di Tanggamus, namun kalian adalah merupakan keluarga besar dari Kepaksian Buay Belunguh Paksi Pak Skala Brak," ujar Dang Ike.

Untuk itu lanjut Dang Ike, " Mari kita bersatu padu untuk menjaga dan melestarikan adat dan budaya kita yang diwariskan oleh nenek moyang kita dahulu, agar budaya-budaya Lampung itu tidak punah ditelan kemajuan zaman," kata Dang Ike.

Masih menurut Dang Ike, "Saya mewakili Puniakan Beliau Yanuar Firmansyah, dan secara pribadi selaku salah satu tokoh adat Lampung, sekali lagi berpesan agar kiranya marga Belunguh Kagungan yang ada di Tanggamus ini untuk selalu menjaga dan melestarikan adat dan budaya Lampung, karena orang yang beradat insya Allah Beradab, yang muda menghormati yang tua, dan yang tua menyayangi yang muda,"ungkapnya.

Selanjutnya Dang Ike dalam sambutannya mewakili Puniakan Beliau Yanuar Firmansyah menyampaikan permohonan maaf jika selama ini Puniakan Beliau Yanuar Firmansyah jarang berkunjung ke marga Belunguh yang ada di Tanggamus.
"Mewakili Puniakan Beliau Yanuar Firmansyah saya menyampaikan permohonan maaf, jika selama ini jarang berkunjung melihat dan menengok warganya dimarga Belunguh Kagungan Tanggamus ini," imbuhnya.

Dang Ike juga menyampaikan penghargaan dan penghormatan serta ucapan terima kasih atas sambutan dari masyarakat dan para pemangku adat, serta berbagai pihak yang telah mensukseskan acara anjau silau tersebut.
"Kami juga mengucapkan penghargaan dan penghormatan serta terimakasih yang tak terhingga atas sambutan yang diberikan kepada kami dalam acara anjau silau ini, dan kepada ibu Bupati, bapak Kapolres Tanggamus, Dandim Tanggamus, Camat Kota Agung Timur, para Kepala Pekon se-Kecamatan Kota Agung Timur, juga kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga atas dukungan dan bantuannya sehingga acara anjau silau ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses." Pungkas Dang Ike.

Dalam acara anjau silau tersebut juga dilakukan penyematan PIN oleh Puniakan Beliau Yanuar Firmansyah dan Dang Ike Edwin secara simbolis kepada beberapa pemangku adat yang ada di Marga Belunguh Kagungan Tanggamus. (red)

Posting Komentar

0 Komentar