Debat Ke-2, KPU Sediakan Podium, Capres-Cawapres Dilarang Provokatif


Jakarta
- Debat ke-2 yang akan dilakukan cawapres dilaksanakan pada 22 Desember 2023 mendatang. Debat ini seputar ekonomi yang berfokus pada Ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan pelaksanaan debat Cawapres 22 Desember mendatang bakal lebih ketat.

Ketua KPU Hasyim Asya'ri mengevaluasi terkait cawapres Gibran Rakabuming Raka di debat perdana yang diduga mengajak pendukung untuk bersorak.

Hasyim berharap seluruh gelaran debat yang akan datang dapat berjalan dengan lebih tertib dan kondusif, bebas dari hal-hal provokatif yang dapat mengganggu jalannya debat.

"Kami sampaikan hal-hal yang dianggap tidak sesuai dengan ketentuan yang disepakati di awal ya, misalkan ada cawapres yang memberikan tanda atau kode atau gerakan yang katakanlah menyemangati pendukungnya, sebenarnya itu tidak boleh," kata Hasyim kepada wartawan di Jakarta, Senin (18/12).

Ia menegaskan, hal itu sudah sampaikan pada rapat evaluasi. Dan masing - masing tim pasangan calon menyepakati hal-hal yang sudah disepakati sejak awal itu supaya kemudian ada peneguhan komitmen supaya tertib.

KPU mengevaluasi beberapa faktor yang sebelumnya dinilai kurang di debat perdana.

"Untuk memudahkan masing-masing, nanti masing-masing tim pasangan calon menunjuk LO (liasion officer) yang akan mengatur tamu undangan masing-masing tim pasangan calon, untuk memudahkan koordinasi," imbuh Hasyim.

Hasyim menyebut, usulan dari timses pasangan calon terkait podium untuk cawapres akan terealisasi. Podium itu bakal digunakan selama perhelatan 4 debat lainnya berlangsung.

"Sudah disepakati bersama, di antaranya semua tim pasangan calon mengajukan usulan bahwa di dalam debat nanti kedua dan seterusnya masing-masing sampai kelima itu disiapkan podium sederhana," ucap Hasyim.

Ia menyebut, format pelaksanaan debat kedua masih sama dengan debat sebelumnya, yakni dibagi menjadi 6 segmen dengan keseluruhan waktu 150 menit. Masing-masing cawapres juga mendapat kesempatan untuk bertanya dan menjawab.

"Jadi persis seperti pada waktu debat yang pertama, dan itu akan diberlakukan seterusnya sampai dengan debate terakhir, debat yang kelima," ujarnya.[red/yuli

Posting Komentar

0 Komentar