Danrem 043/Gatam Ikuti Penandatanganan Nota Kesepahaman Antara Menteri Pertanian RI Dengan Panglima TNI Secara Virtual


GK, Lampung
– Bertempat di Aula Ahmad Yani Makorem 043/Gatam Jl. Teuku Umar Penengahan Bandar Lampung, Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma'ruf Zainudin, S.E, didampingi Kasi Ter Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf Jaka Sutanta S.Sos dan Para Dandim Jajaran 043/Gatam, mengikuti kegiatan Penandatangan Nota Kesepahaman antara Menteri Pertanian RI Dr.Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P dengan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, secara virtual. Senin (4/12/2023).

Nota kesepakatan yang ditanda tangani oleh Menteri Pertanian RI dengan Panglima TNI ditujukan agar terwujudnya  kestabilan dan kenaikan produksi pertanian dan pangan yang ada di Indonesia.

Dikesempatan tersebut Menteri Pertanian RI Dr.Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P, dalam sambutannya menyampaikan sebagai Menteri Pertanian RI akan selalu berusaha untuk menjaga kesetabilan Pertanian indonesia agar tidak terjadi penurunan yang dapat membuat kehacuran pangan seperti di negara  Somalia.

" Saya akan selalu bekerjasama dengan petani Indonesia dan Babinsa di seluruh indonesia untuk membangun Pertanian di setiap Provinsi indonesia berjalan dengan semestinya, "

" Saya cukup perihatin dengan Pangan yang terjadi di beberapa negara, banyak yang belum memenuhi kestabilan tetapi malah banyak yang kurang walaupun ini bukan masalah dengan indonesia, ini sudah menjadi masalah dunia, kita lihat apa yang terjadi saat ini ada kelaparan di 10 negara di dunia, " terangnya.

Lebih lanjut Mentan menjelaskan bahwa dibulan Desember ini masih belum bisa sepenuhnya menanam padi dan lain - lain karna di bulan desember ini menurut BMKG sa'atnya musim hujan yang bisa membuat kebanjiran lahan.

" Maka dari itu kita semua harus benar benar menjaga kestabilan pertanian indonesia bersama sama, bila ada bencana alam banjir dan kebakar kita harus cepat menanggulanginya, '

" Jangan sampai dikarenakan bencana alam pertanian di indonesia menjadi rusak dan menurun, kita harus benar benar menjaga pertanian sampai benar naik dan bisa membantu nagara - negara lain yang masih kekurangan pangan makanan, " pungkasnya 

Sementara itu Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, dalam sambutannya menyampaikan, sebagai Panglima TNI melalui sinergitas dengan Kementerian Pertanian sesuai dengan visi saya sebagai panglima TNI yaitu berkerja profesional responsif, integratif moderen dan adaptif salah satu fungsi yang saya laksanakan agar bermanfaat.

" Semakin mantapnya kemampuan TNI yang integratif dan bersinergi dengan Kementerian lembaga dan komponen bangsa lainnya sehingga dapat menjaga setabilitas pangan indonesia, "

" Untuk para babinsa di setiap Kodim-Kodim Provisi indonesia agar selalu mendukung perencanaan, penanaman pangan yang ada di sekitar wilayahnya agar dapat membantu peningkatkan pertanian di indonesia, kita sebagai anggota TNI harus selalu membantu kemajuan negara indonesia, " tuturnya.

Selanjutnya Panglima TNI berharap motor pemahaman yang disepakati pada hari ini akan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama yang sudah terjalin sebelumnya antara Kementerian Pertanian dan TNI.

" Selain dari pada itu hendaknya ini dapat ditingkat ketahap selanjutnya dengan perjanjian kerjasama tingkat operasional, apa yang menjadi tujuan bersama untuk mendukung program ketahanan pangan nasional dapat terwujud, "pungkasnya Panglima TNI.[red/yuli

Posting Komentar

0 Komentar