Cegah Polarisasi Pada Pemilu 2024, Polisi Di Bandar Lampung Berikan Edukasi


GK, Bandar Lampung - Kepolisian Resor Kota Bandar Lampung melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) memberikan edukasi untuk mencegah polarisasi pada Pemilu 2024 kepada warga kelurahan Tanjung Gading, Kecamatan Tanjung Karang Timur, Kota Bandar Lampung, pada Jumat (10/11/2023). 

Bertempat di Aula Kantor Kelurahan Tanjung Gading, Kasat Binmas Polresta Bandar Lampung AKP Kurmen Rubiyanto menjelaskan bahwa Polarisasi yang tinggi dalam pemilu dapat memiliki dampak negatif pada stabilitas politik, kohesi sosial, dan proses demokratis. Masyarakat yang terlalu terpecah-belah akan lebih kesulitan dalam mencapai kesepakatan politik atau menangani isu-isu yang memerlukan kolaborasi dan kesatuan.

"Harapannya masyarakat dapat memahami pentingnya persatuan dan menghindari polarisasi menjelang pesta demokrasi," kata AKP Kurmen Rubiyanto dalam narasi tertulisnya, Jumat (10/11/2023).

Perbedaan pilihan politik, kata Kurmen, semestinya tidak menghancurkan kebersamaan dan persaudaraan di tengah tengah masyarakat. 

​​​​Selain itu, lanjut dia, masyarakat juga mesti berhati-hati dengan penyebaran hoaks menjelang Pemilu 2024 lantaran berpotensi memecah-belah warga.

Lebih lanjut, Kurmen mengatakan bahwa pemahaman yang mendalam tentang perbedaan pendapat dan penghargaan terhadap keragaman pandangan dapat membantu mengurangi polarisasi dalam masyarakat.

Selain itu Pendidikan politik dan informasi yang akurat juga dapat membantu masyarakat menjadi lebih kritis terhadap informasi yang mereka terima dan mengembangkan pemahaman yang lebih nuansa tentang isu-isu kompleks.

Polresta Bandar Lampung sendiri terus gencar memberikan edukasi dan sosialisasi guna menciptakan Pemilu 2024 yang aman, damai dan kondusif.[Feby]

Posting Komentar

0 Komentar