Jumat Curhat, Kapolresta Bandar Lampung : Menjaga Kamtibmas Adalah Tugas Kita Bersama


Gk, Bandar Lampung - Kepolisian Resor Kota Bandar Lampung Polda Lampung menggelar kegiatan pembinaan dan penyuluhan "Jumat Curhat" sebagai sarana menjalin komunikasi antara Polri dengan masyarakat guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. 

Hadir dalam kegiatan ini Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Ino Harianto, S.I.K., M.M., Para Pejabat Utama Polresta Bandar Lampung, Kapolsek Sukarame Kompol Warsito, perwakilan masyarakat Kecamatan Sukarame, Sukabumi dan Way Halim Kota Bandar Lampung. 

Kegiatan Jumat Curhat ini dilakukan dalam rangkaian kegiatan Pelayanan Presisi yang digelar di Pelataran Parkir Stadion Sumpah Pemuda PKOR Way Halim Kota Bandar Lampung, Jumat (25/08/2023).

Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Ino Harianto, S.I.K, M.M., dalam sambutannya mengucapkan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah turut serta berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban dilingkup terkecil di lingkungannya masing masing.

"Harus kita sadari bersama bahwasannya keamanan itu bukan semata mata tugas kepolisian saja, tugas TNI dan perangkat pemerintah saja, akan tetapi adalah tugas kita bersama" ungkap Kombes Pol Ino Harianto. 

Lebih lanjut Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Ino Harianto menambahkan bahwa dalam hal menjaga kamtibmas Jajaran Kepolisian tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari teman teman TNI, pemerintah dan terpenting adalah peran serta masyarakat. 

Sudarno salah satu warga kelurahan Jaga Baya I, mengeluhkan masih adanya masyarakat dilingkungannya yang tidak mau ikut ronda malam di wilayah tempat tinggalnya. 

Menanggapi keluhan tersebut, Kapolresta Bandar Lampung memerintahkan Bhabinkamtibmas di wilayah tersebut untuk duduk bersama unsur perangkat kelurahan dan masyarakat sekitar, guna mencari solusi terkait permasalahan tersebut, mengingat pentingnya hal ini karena menyangkut kamtibmas. 

Terkait permasalahan genk motor, Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Ino Harianto mengungkapkan dalam menyikapi hal ini, peran serta masyarakat, khususnya orang tua untuk lebih meningkatkan pengawasan kepada anak anaknya. 

"Peran orang tua, guru dan tokoh masyarakat menjadi garda terdepan untuk mengawasi anak anak kita agar terhindar dari hal hal yang tentunya akan merugikan dirinya sendiri" ujar Kombes Pol Ino Harianto. 

Menyinggung permasalahan kenakalan remaja dan genk motor, Kapolresta Bandar Lampung menegaskan bahwa pihaknya terus berupaya melakukan pencegahan dengan melakukan penyuluhan dan meningkatkan kegiatan patroli pada jam rawan guna mengantisipasi terjadinya hal hal yang dapat menggangu kamtibmas. 

"Harus ada peran serta dari masyarakat, jangan mudah menshare konten atau video video yang disebarkan oleh kelompok kelompok genk motor, harus bijak dalam bermedia sosial" ujar Kombes Pol Ino Harianto.

Dalam kegiatan ini, Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Ino Harianto berpesan kepada seluruh elemen masyarakat untuk sama sama bersama Aparatur Pemerintah, TNI dan Polri, menjaga situasi kamtibmas yang ada di wilayahnya. 

"Saya seneng apabila bapak ibu bisa ikut andil bersama sama dengan kami, ikut dalam kegiatan kegiatan positif dalam menjaga keamanan dan ketertiban, salah satunya ikut melakukan patroli malam bersama, yang menandakan bahwa tingkat kesadaran masyarakat terhadap keamanan lingkungannya sudah lebih baik" ujar Kombes Pol Ino Harianto. (Feby)

Posting Komentar

0 Komentar