Ada apa GAMAPELA Soroti Bimtek Puluhan Kades Se Kabupaten Tulang Bawang Barat di Hotel Bukit Randi Bandar Lampung


GK, Lampung
- Pelaksanaan Kegiatan Bimtek Kepala Desa SeKabupaten Tuba Barat di Hotel Bukti Randu Bandar Lampung mendapat sorotan LSM Gamapela 

Menurut Ketua Gamapela (Gerakan masyarakat pemantau pembangunan lampung),kegiatan bimtek yang menggunakan dana desa yang bersumber APBN rawan terjadi markup dan gratifikasi.

Selain itu, pelaksaan Bimtek juga diduga program kegiatan titipan yang sengaja memanfaatkan Dana Desa(DD) untuk menghambur-hamburkan anggaran dan tidak mencerminkan program peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa


"Hasil investigasi temuan kita mendapati hampir semua kades se Tubabar Bimtek di hotel mewah di Bandar Lampung, artinya ini ada indikasi sengaja menghambur-hamburkan uang DD, karena kegiatan ini rawan markup dan suap, kami akan segera adukan ke Kejati Lampung" kata Ketua Gamapela Tony Bakrie didampingi sekretarisnya Johan Alamsyah, Selasa 21 Maret 2023

Sebelumnya Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) se-Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubabar), mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Pencegahan Tindak Pidana Korupsi dan Peningkatan Kapasitas Kinerja Kades, Senin (20/3/2023), di Hotel Bukit Randu. Kegiatan dari tanggal 19 Maret sampai 21 Maret 2023.


Kegiatan Bimtek diselenggarakan Badan Kerjasama Antar Tiyuh (BKAT) Ketua Arsyad Ali yang berlangsung sejak 19 21 Maret 2023 

Dikatakan Ashari, Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), kepesertaan Bimtek diwajibkan membayar uang Rp5 juta bagi peserta yang mengikuti dan dianggarkan melalui Dana Desa (DD) masing masing.


"Bagi yang mengikuti wajib bayar Rp5 juta. Tapi yang tidak ikut, tidak dipungut," ujar Ashari kepada awak media, Senin 20 Maret 2023.

Kepala PMD menerangkan, jika jumlah keseluruhan Kades di Tubaba sekitar 100 orang, namun yang mengikuti kegiatan Bimtek hanya berkisar 86 Kades.

"Kalau keseluruhan 100, tapi yang hadir hari ini sekitar 86 orang saja," ujar Ashari.

Ungkapan Kepala PMD ini sesuai dengan daftar kehadiran para Kades di Hotel Bukit Randu tersebut.

Uniknya, ungkapan Kepala PMD, tidak singkron dengan keterangan Hendrawan, Ketua Apdesi yang juga Kades Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Ketua Apdesi mengaku jika kehadiran Kades yang mengikuti Bimtek berjumlah 93 orang.

"Dalam acara ini dihadiri 93 tiuh di Tulang Bawang Barat," tandasnya.[Feby]

Posting Komentar

0 Komentar