Kapolres Pesawaran Mendapatkan Gelar (Adok) Suntan Perwira Negara Dari MPAL Kabupaten Pesawaran

GK, PESAWARAN - Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Pesawaran, Polda Lampung, AKBP Pratomo Widodo S.IK., M.Si. (Han), mendapatkan gelar Suntan Perwira Negara dari Majelis Punyimbang Adat Lampung (MPAL) kabupaten Pesawaran.

Pemberian gelar atau Adok tersebut diberikan kepada Kapolres Pesawaran saat acara pernikahan salah seorang anak dari Penasehat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesawaran Erdanizar, yang berlangsung di Desa Bernung, Kecamatan Gedong Tataan, Sabtu (18/2/2023).

Menurut AKBP Pratomo Widodo, pemberian Gelar (Adok) tersebut adalah merupakan kehormatan baginya.

“Ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi saya dan sekaligus merupakan pengalaman baru selama saya menjabat sebagai pimpinan di Polres Pesawaran,” ujar Pratomo Widodo, Gelar Suntan Perwira Negara.

Namun menurut Pratomo Widodo, disamping kehormatan dan kebanggaan juga merupakan tugas berat yang harus jaga.

"Namun disamping suatu kehormatan dan kebanggaan bagi saya, ini juga merupakan tugas berat saya untuk dapat menjaga amanah ini, menjaga perilaku dan sikap sesuai dengan Tata-Titi adat, menjaga adab dan etika, karena ciri-ciri orang adat itu adalah beradab," tutur Suntan Perwira Negara.

Ditempat yang sama, Ketua Majlis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) Kabupaten Pesawaran, Farifki Zulkarnaen mengatakan, pemberian gelar atau adok secara adat Lampung tersebut diberikan berdasarkan pertimbangan para pengurus MPAL setempat.

“Berdasarkan pertimbangan, kami (MPAL Pesawaran, red) memberikan adok Suntan Perwira Negara kepada bapak Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo,” jelas Farifki.

Masih menurut Farifki, dengan pemberian gelar atau adok tersebut, AKBP Pratomo Widodo sudah resmi menjadi keluarga besar adat di Pesawaran dan diharapkan nantinya Kapolres Pesawaran itu dapat turut serta membantu pengamanan di Bumi Andan Jejama secara lebih optimal.

“Semoga dengan pemberian Gelar atau adok tersebut, nantinya bapak Kapolres dapat lebih memaksimalkan kinerjanya untuk keamanan dan kenyamanan Bumi Andan Jejama ini, karena beliau saat ini sudah menjadi bagian dari keluarga besar adat Bumi Andan jejama," imbuhnya.

Selain AKBP Pratomo Widodo, Istri Kapolres Pesawaran yang sekaligus sebagai Ketua Bhayangkari Polres Pesawaran juga turut mendapat gelar atau adok sebagai "Suntan Ibu Pertiwi".

Turut Hadir dalam acara tersebut, Bupati Pesawaran Hi.Dendi Ramadhona yang bergelar Suntan Badakh Makhga, jajaran Forkopimda, kepala OPD Pemkab Pesawaran, para staf dan PJU Polres Pesawaran, Camat Gedong Gedong Tataan, Syukur, S. Pengurus MPAL Pesawaran. Dan pengurus dan jajaran anggota PWI Pesawaran, Ketua APDESi Deswan, beserta Kepala Desa se-Kecamatan Gedong Tataan. Anggota DPRD Pesawaran fraksi Partai PAN, Muklis, Anggota DPRD fraksi Golkar, Yusak, dan tamu undangan lainnya.

Rangkaian acara dari awal hingga akhir acara berjalan dengan lancar, aman,tertib serta kondusif. [Feby]

Posting Komentar

0 Komentar