Acara Anjau Silau Muli-Mekhanai Pekon Tebabunuk Dalam Menyambut 1 Syawal 1443 H Acara Anjau Silau Muli-Mekhanai Pekon Tebabunuk Dalam Menyambut 1 Syawal 1443 H
Portal Garis Komando (gariskomando.com) adalah website Pemberitaan (News) yang dikemas secara umum namun didominasi dengan berita TNI/Polri. | Portal Garis Komando berdasarkan ide demi meningkatkan citra baik TNI/Polri dan mewujudkan kepuasan Masyarakat terhadap TNI/Polri. | KAMI JUGA MENERIMA PESANAN PEMBUATAN RILIS BERITA, ARTIKEL, PROFIL, CERITA, DAN LAIN SEBAGAINYA DENGAN HARGA VARIATIF. SILAHKAN HUBUNGI NOMOR 0896 1900 1005 (TELEPON DAN WHATSAPP).

Acara Anjau Silau Muli-Mekhanai Pekon Tebabunuk Dalam Menyambut 1 Syawal 1443 H



GK, Kota Agung - Meriahnya acara sesambayan (Nyambai) yang digelar Muli Mekhanai Pekon Tebabunuk sudah tradisi turun-menurun.

Acara halal bilhalal dilaksanakan setiap datang bulan Syawal di hari Raya Idul Fitri 1443 H. Rabu 04-05-2022. 

Acara merupakan ajang silaturahmi dipertemuan sesama muli-mekhanai yang sudah diangkat atau yang sudah mendapat mandat jadi muli-mekhanai di Pekon setempat.

Anjau silau guna mempererat tali persaudaraan antara satu pekon dengan pekon tetangga lain, untuk memeriahkan acara Adat Nyambai muli-mekhanai yang sudah turun menurun dari zaman nenek moyang.

Kepala muli-mekhanai Pekon Tebabunuk, Juliansyah. Iamengatakan, "Acara ini memang harus diadakan setiap datangnya Hari Raya idul fitri. Guna mempererat tali silaturahmi sesama muli-mekhani, menjadi ajang perkenalan antara muli-mekhanai dari pekon-pekon yang lain," ucapnya.

Ditempat terpisah, Desefbri selaku mekhanai setempat menambahkan, "Kita harus galakkan seperti acara Nyambai ini, kita jadikan ajang tali silaturahmi sesama muli mekhanai. Dan kapan lagi kita adakan acara anjau silau ini kalo bukan datangnya hari raya idul fitri, tapi kadang kala di acara nyambai ini bisa jadi dapat mempertemukan jodohnya diantara muli mekhanai lain," imbuhnya. 

Salah satu tokoh masyarakat Pekon Tebabunuk Raja Busroni, menyampaikan sangat mendukung dan respon cepat dengan diselenggarakan muli-mekhanai.

"Kami semua mendukung, dikarenakan  acara ini sudah tradisi kita dari zaman dahulu kala jangan sampai hilang dengan perkembangan  zaman sekarang, mengingat sudah jaman modern dan canggih," imbuhnya.  
  
Selamat Putrayadin Selaku Kepala Pekon Tebabunuk sangat respon dan mendukung acara nyambai yang diadakan muli mekhanai,

Ia  menyampaikan, "Kita lestarikan adat  yang sudah turun-menurun ini guna mempererat tali silaturahmi diantara sesama, ada yang dari luar pekon bisa berkumpul bersama untuk ikut memeriahkan acara ini," kata Selamat.

Masih lanjut Kakon Selamat, "Acara anjau silau ini ada tiga sesi yang diselenggarakan Kepala Bujang Juliansyah. Diantaranya Panjat Pinang, Pincak Silat, dan Tari-tarian Nyambai, tapi puncaknya acara tersebut yaitu "PANJAT PINANG" insyaallah acaranya berjalan dengan lancar," tutupnya. (Ar)

Posting Komentar

0 Komentar