Kabid Humas Polda Lampung : Laka Lantas Turun 17 Persen Selama Gelaran Operasi Keselamatan Krakatau 2022




GK, Bandar Lampung -- Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung, menggelar Operasi Keselamatan 2022 selama 14 hari, yang berakhir pada 14 Maret 2022 lalu. Kegiatan Operasi keselamatan yang di gelar oleh Ditlantas Polda Lampung ini, berhasil menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno melalui Kabid humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, operasi ini bertujuan meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan berlalu lintas, menurutnya angka kecelakaan lalu lintas berhasil di turunkan.

Pandra menyebutkan, jumlah kejadian laka lantas Sebelum dan dibandingkan setelah pelaksanaan operasi, turun 17 persen, angka korban yang meninggal dunia turun 57 persen. Luka berat naik 0,3 persen, luka ringan turun 25 persen.

“Selain itu kerugian material dibandingkan dengan sebelumnya, selama operasi keselamatan Krakatau 2022 ini, kita berhasil turunkan sebanyak 43 persen,” kata Pandra, Senin (21/3/2022) pagi.

Selama Operasi Keselamatan Krakatau 2022 ini di gelar, petugas dilapangan lebih mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dengan edukatif, persuasif simpatik dan humanis dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta memutus penyebaran virus covid-19, ujar Pandra.

“Kemudian dalam pelaksanaan Operasi ini, kami tidak melaksanakan penegakan hukum seperti tilang, namun demikian kami lakukan upaya pencegahan berupa teguran yang sifatnya edukatif kepada masyarakat, simpatik kepada masyarakat,” imbuhnya.

Beliau juga menjelaskan, dalam kegiatan operasi keselamatan Krakatau 2022 ini, petugas dilapangan melaksanakan Kegiatan preemtif seperti pembagian masker, penerapan prokes. Sedangkan, untuk preventif kita melaksanakan imbauan-imbauan, patroli kepada masyarakat untuk tertib berlalu lintas. 

Selain itu, bagi masyarakat yang membawa surat kendaraan lengkap dan disiplin prokes, Ditlantas Polda Lampung memberikan hadiah berupa minyak goreng dan perlengkapan penunjang prokes, kata Pandra.

Pandra berpesan kepada masyarakat untuk ikuti dan patuhi aturan berkendara di jalan raya, "Kepada pengendara semoga ikut tertib dalam berlalu lintas untuk keamanan diri sendiri dan pengendara lainnya,” pungkasnya. (Nnd)

Posting Komentar

0 Komentar