Pastikan Situasi Kamtibmas Aman dan Kondusif, Personil Bhabinkamtibmas Sambangi Warga Di Pos Kamling


GK, Balam - Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polri dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban diwilayah binaan masing-masing dengan cara rutin menyambangi warga dalam rangka menyerap informasi dan menitipkan pesan kamtibmas.

Kapolda Lampung Irjen Pol Ahmad Wiyagus S.IK., M.Si., M.M., dalam arahannya pada Bhabinkamtibmas seluruh Polres/ta di GSG Presisi Polda Lampung mengatakan bahwa, peran Bhabinkamtibmas sangat diharapkan untuk dapat bekerjasama yang baik dengan area lingkungannya masing-masing, agar menjaga gangguan Kamtibmas semaksimal mungkin.

"Bhabinkamtibmas adalah garda terdepan dalam tugas Kepolisian" Tegas Kapolda, pada Rabu (25/1/2023).

Arahan Kapolda Lampung tersebut menjadi pemicu semangat kerja  Aiptu M. Syamsuri, Personil Bhabinkamtibmas Polsek Teluk Betung Selatan, Polresta Bandar Lampung, Polda Lampung, yang selama ini giat melaksanakan tugas menyambangi warga masyarakat yang melaksanakan kegiatan Siskamling (Ronda malam), di  Kelurahan Bumi Waras, Kecamatan Bumi Waras, Kota Bandarlampung.

Menurut  Kapolsek Teluk Betung Selatan Kompol Adit Priyanto S.H., S.Ik., M.M., melalui Bhabinkamtibmas Aiptu M.Syamsuri, kegiatan sambang ini adalah salah satu tugas yang rutin dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas selama ini guna menjalin tali silaturahmi antara Personil Bhabinkamtibmas dengan warga binaan.

"Kegiatan semacam ini adalah merupakan tugas rutin yang selama ini selalu dilaksanakan, guna menjalin tali silaturahmi antara Personil Bhabinkamtibmas dengan warga binaan," ujar Syamsuri saat di temui Lampung7.com di Pos Kamling, Kamis (26/1/2023) dini hari.

Disamping itu menurut Syamsuri, "Kegiatan ini selain memastikan situasi Kamtibmas aman dan kondusif juga untuk memberikan support kepada warga masyarakat yang melaksanakan siskamling (Ronda malam) sekaligus menyerap informasi yang berkembang di masyarakat serta memberikan pesan-pesan Kamtibmas, guna menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Aiptu M. Syamsuri mengajak warga untuk bekerja sama menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan tempat tinggal masing-masing, karena Kamtibmas adalah tanggung jawab bersama.

“Apabila terjadi persoalan sekecil apapun itu segera disampaikan, jangan menunggu lama supaya dengan segera dapat ditangani, dan peran serta masyarakat dalam menjaga Kamtibmas sangat diperlukan mengingat Kamtibmas merupakan tanggung jawab bersama," tegas Syamsuri.

Selain itu Aiptu M.Syamsuri juga menghimbau kepada  warga yang melaksanakan siskamling (Ronda malam) untuk selalu waspada terutama pada jam-jam Rawan, untuk mengantisipasi terjadinya tindak Pidana Curat, Curas, Curanmor (C3), serta bahaya kebakaran dan lainnya.

"Usahakan yang Ronda untuk bergiliran keliling minimal 1 jam sekali, guna mengantisipasi terjadinya tindak Pidana Curat, Curas, Curanmor, (C3) dan hal-hal lain yang menggangu Kamtibmas dilingkungan masing-masing,"  tambah Syamsuri.

Pada kesempatan itu juga Bhabinkamtibmas mengingatkan dan mengajak kepada warga masyarakat untuk senantiasa menjaga kerukunan antar warga, dan selalu menanamkan jiwa gotong royong.

"Sebenarnya kegiatan Ronda malam ini sisi positifnya bukan hanya sekedar menjaga Kamtibmas, tapi juga untuk meningkatkan tali silaturahmi antar warga RT satu dengan yang lainnya, dengan saling mengunjungi saat Ronda malam sehingga kerukunan antar warga masyarakat bisa terwujud," Pungkas Syamsuri.

Ditempat yang sama, Kepala Lingkungan 3 Sukardi Warsito, yang didampingi Saprijal anggota Kelompok Sadar Hukum (POKDARKUM) saat ditemui Lampung7com di Pos Kamling RT 42 Lingkungan 003, Kelurahan Bumi Waras mengatakan bahwa "Saya atas nama warga masyarakat Lingkungan 3 khususnya dan Kelurahan Bumi Waras pada umumnya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan pembinaan yang diberikan oleh Kapolsek Teluk Betung Selatan melalui Bhabinkamtibmas terutama dalam menjaga Kamtibmas diwilayah Kelurahan Bumi Waras," ucapnya.

Selain itu menurut Sukardi, "Dengan kehadiran personil Kepolisian dari Bhabinkamtibmas masyarakat merasa aman dan nyaman, merasa terayomi dan terlindungi," kata Sukardi. [Feby]

Posting Komentar

0 Komentar