Sebanyak 248 Siswa SPN Polda Banten Resmi Dilantik Menjadi Bintara Polri


GK, Pandeglang - Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto memimpin upacara pelantikan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri Gelombang II Tahun 2022 di SPN Mandalawangi Polda Banten pada Rabu (21/12) sekitar pukul 09.00 Wib.

Dalam kegiatan ini Kapolda Banten didampingi Irwasda Polda Banten Kombes Pol Eko Kristianto serta Pejabat Utama Polda Banten dan Kapolres/ta jajaran, dihadiri oleh Kasipers Korem Kolonel CAJ Suparno, Kepala Satpol PP Provinsi Banten Agus Supriyadi beserta tamu undangan lainnya.

Adapun dalam pelantikan kali ini sebanyak 248 siswa dilantik menjadi Bintara Polri. Proses pelantikan diawali dengan pemeriksaan pasukan, pengambilan sumpah, penanggalan tanda siswa dan pemasangan tanda pangkat efektif. Kemudian dilanjutkan penyerahan ijazah, pemberian penghargaan kepada 3 siswa terbaik, pernyataan penutupan pendidikan oleh Kapolda Banten selaku Inspektur Upacara dan terakhir ditutup dengan peragaan keterampilan oleh Bintara yang baru dilantik.

Dalam sambutannya Rudy menyampaikan amanat Kalemdiklat Polri pada upacara penutupan Siswa Diktukba Polri Gelombang II Tahun 2022. 

“Hari ini para siswa dilantik menjadi anggota Polri, maka dari itu pada diri anda telah melekat tugas, kewajiban dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara yang bertugas untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat," ujar Rudy.

Setelah itu Rudy juga menyampaikan 5 penekanan yang harus dipedomani dan dilaksanakan oleh para Bintara Remaja sebagai bekal memasuki tugas di Lapangan. 

"Penekanan yang pertama adalah tingkatkan selalu keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kedua pegang teguh serta amalkan nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya, ketiga senantiasa bangun komunikasi positif dan santun kepada masyarakat, keempat tingkatkan selalu kemampuan dan pengetahuan untuk mengembangkan diri, dan kelima jadilah sosok panutan dan teladan bagi masyarakat," ucap Rudy.

Terakhir Rudy mengucapkan selamat kepada orang tua atas keberhasilan putranya menjadi Bintara Remaja Polri yang baru. 

"Keberhasilan saudara merupakan perjuangan yang panjang, doa orang tua dan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa, oleh karena itu jangan sia-siakan semua usaha, perjuangan dan cita-cita yang ingin saudara raih," tutup Rudy.

Sementara itu saat diwawancarai, Ka SPN Polda Banten Kombes Pol Noffan Widyayoko menjelaskan selama 5 bulan para siswa menjalani pendidikan dan pelatihan terhitung mulai tanggal 25 Juli 2022 sampai dengan 21 Desember 2022. 

"Siswa Diktukba Polri Gelombang II Tahun 2022 menjalani pendidikan dan pelatihan selama 5 bulan sehingga pada hari ini para siswa resmi dilantik menjadi Bintara Polri, kemudian untuk penempatan berdasarkan keputusan Bapak Kapolri telah membagi penempatan tugas diantaranya penempatan IKN, Mabes Polri, dan Polda Banten," kata Noffan.

Selain upacara penutupan Kapolda Banten juga menandatangani prasasti peresmian pembangunan Gedung Dojo Pendekar Kaki Langit dan penyerahan DIPA Polda Banten beserta jajaran yang diterima oleh Karoops Polda Banten dan Kapolresta Serang kota sebagai perwakilan Satker jajaran. [Icha]

Posting Komentar

0 Komentar